Rayakan HPSN, Kemkominfo Ajak Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:29 WIB
loading...
A A A
Wayan Puja menegaskan, “Pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya. Pemilahan sampah misalnya, dapat dimulai dari rumah.”

Selain itu, masyarakat juga didorong untuk memproduksi kompos dari sampah organik. Sedangkan untuk sampah anorganik, pihaknya terus menerus memperkuat bank sampah di setiap desa di Kabupaten Badung serta menambah TPS3R yang juga berfungsi sebagai bank sampah tingkat wilayah yang bisa memicu bangkitnya circular economy.

Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Sementara itu, Ketua BumiKita Nuswantara Wayan Aksara, memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi sampah plastik, yakni mengurangi penggunaan sedotan plastik dan mulai menggunakan sedotan berbahan alami, serta menggunakan botol air isi ulang.

“Kalau kita tidak memulai untuk berkomitmen untuk mengurangi penggunaannya, sampai kapanpun kita akan terus berbicara bagaimana kita mengelolanya,” tegasnya.

Rencana Aksi Penurunan Emisi Sektor Limbah

Sementara itu hadir pula secara daring, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya, Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup, Vir Katrin yang menjelaskan bahwa maksud dan tujuan memperingati HPSN di antaranya adalah untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah.

Serta, memperkuat partisipasi publik dalam upaya mencapai emisi nol melalui gerakan memilah sampah.

Lebih jauh dalam pemaparannya, Vir menjelaskan bahwa pada tahun 2025 mendatang ditargetkan pengelolaan seluruh TPA dilaksanakan dengan metode controlled dan sanitary landfill dengan pemanfaatan gas metan secara optimal.

Target lainnya adalah tidak adanya pembangunan landfill baru di tahun 2030. “Sampah yang dibawa ke TPA harus benar-benar hanya residu, semua harus habis di sumber,” jelas Vir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)