Pulang Rimba, Kisah Pauzan Pemuda Suku Anak Dalam yang Kuliah dan Pertama Akan Menyandang Gelar Sarjana

Rabu, 04 Januari 2023 - 13:36 WIB
Kakek Pauzan, Tumenggung Tharib, menyebutkan budaya Suku Anak Dalam adalah berpindah-pindah atau Melangun. Tumenggung adalah sebutan bagi ketua rombongan di sana.

Executive Produser film itu Noor Huda Ismail, menyebut pihaknya membuat gerakan sociopreneurship yakni berupaya menyelesaikan persoalan sosial dengan wirausaha.

“Jadi melibatkan pelakunya itu sendiri atau credible voice untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi, karena mereka yang paling punya pengalaman untuk itu,” kata Huda yang juga Direktur Eksekutif Kreasi Prasasti Perdamaian.

Film yang dibuat memang digunakan untuk memantik diskusi. “Film and Forum,” lanjutnya.

Direktur Omah Betakan, Annisa Triguna mengatakan film-film dokumenter yang dibuat berdasarkan riset-riset yang digarap. Omah Betakan sendiri bagian dari KPP.

Rudi Hartono selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kerja sama Polbangtan Bogor, mengatakan adanya Pauzan yang berkuliah di sana adalah kali pertama untuk Suku Anak Dalam.

“Kalau yang dari daerah berstatus 3 T (terdepan, terluar, tertinggal) banyak,” ungkapnya.

Sutradara film itu, Rahmat Triguna alias Mamato mengatakan potret permasalahan sosial seperti dalam film itu sangat mungkin terjadi di wilayah lain.

“Sengaja memilih durasi 15 menit (film) harapannya jadi pemantik diskusi. Film-film yang kami buat berangkat dari empati,” ungkap Mamato seraya mengemukakan proses mendapatkan kepercayaan dari para narasumber membutuhkan waktu yang cukup lama.

Videographer film itu, Ridho Dwi Ristiyanto, menyebut akses transportasi ke wilayah itu jadi tantangan tersendiri. Menuju ke permukiman Suku Anak Dalam bagian luar ditempuh 6 jam travel dari bandara (Kota Jambi), dilanjut ojek motor 2 jam perjalanan, kemudian berjalan kaki sekira 30 menit.

Hal yang cukup merepotkan, lanjut Ridho, adalah persoalan pengurusan perizinan.

“Kami tidak langsung bisa syuting. Dibutuhkan pendekatan dahulu kepada para tokoh di sana. Kami sangat terbantu karena telah terlebih dahulu mengenal Pauzan. Pamannya merupakan Tumenggung dan kakeknya mantan Tumenggung, sehingga sangat membantu mempermudah proses perizinan,” katanya.

Rektor Universitas Jambi Prof. Sutrisno yang hadir di kegiatan itu mengatakan perlu kolaborasi bersama untuk mencari solusi persoalan seperti itu.

Pada kegiatan pemutaran film itu, hadir pula di antaranya; Manajer Komunikasi LSM Gemawan M. Reza, CEO LSM Pundi Sumatera Dewi Yunita Widiarti, termasuk dari perwakilan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More