Bencana Banjir dan Longsor Terjang 5 Kecamatan di Kerinci, 300 KK Terdampak

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:09 WIB
loading...
Bencana Banjir dan Longsor Terjang 5 Kecamatan di Kerinci, 300 KK Terdampak
Hujan lebat dengan durasi cukup lama yang melanda Kabupaten Kerinci, Jambi menyebabkan sungai meluap dan menimbulkan banjir dan tanah longsor di lima kecamatan. Foto/BNPB
A A A
KERINCI - Hujan lebat dengan durasi cukup lama yang melanda Kabupaten Kerinci, Jambi menyebabkan sungai meluap dan menimbulkan banjir dan tanah longsor. Terjangan longsor menutup akses jalan nasional pada Selasa (11/6/2024).

Peristiwa banjir dan longsor ini melanda lima Kecamatan di Kabupaten Kerinci, tercatat empat Kecamatan yang terdampak oleh Banjir yaitu Kecamatan Gunung Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci, Kecamatan Depati dan Kecamatan Siulak Mukai, dan satu Kecamatan terdampak oleh tanah longsor yaitu Kecamatan Siulak.



“Sebanyak 300 KK dan 300 rumah terdampak akibat peristiwa banjir yang tercatat ketinggian air nya mencapai 10-80 cm,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Rabu (12/6/2024).



Kejadian ini juga mengakibatkan akses jalan nasional dari Desa Lubuk Nagodang via Padang (Sumatera Barat) terputus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan karena tertimbun material longsor dengan volume panjang 20 meter dan ketinggian mencapai satu meter.

BPBD Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk proses distribusi bantuan berupa selimut, terpal serta kebutuhan permakanan untuk warga terdampak.



Selain itu terus melakukan pembersihan material banjir dan longsor dengan mengerahkan dua ekscavator yang menimbun akses jalan nasional agar jalur tersebut kembali bisa dilalui oleh masyarakat.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)
pixels