Karya Sastra Pujangga Kerajaan Majapahit Prapanca Masih Banyak Belum Terungkap

Selasa, 03 Januari 2023 - 08:00 WIB
Pada tahun 1365, penggubahan kakawin Sugataparwawarnnana telah selesai. Jadi penggubahan kakawin tersebut dilakukan di dusun tempat tinggal sang pujangga, sebelum menjadi petapa di lereng gunung di Desa Kamalasana.

Nagarakretagama pada Pupuh 94/3 juga memuat berita bahwa Prapanca juga pernah menggubah Sugataparwawarnnana. Jika Sugataparwawarnnana ini oleh diartikan uraian tentang lakon Buddha, pastilah maksudnya cerita Buddha.

Kunjarakarna dalam bentuk prosa maupun kakawin adalah cerita yang banyak mengandung propaganda agama Buddha. Demikianlah tidak mustahil bahwa yang dimaksud oleh Prapanca dengan Sugataparwawarnnana adalah kakawin Kunjarakarna.

Namun tak ada bukti-bukti yang dapat memperkuat dugaan itu. Begitulah secara singkat pendapat Prof. Purbatjaraka.

Sementara, Kakawin Lambang dan Tahun Saka yang terhenti karena penggubahan Nagarakretagama masih akan diteruskan.

Sugataparwawarnnana selesai sebelum tahun 1365, sedangkan Lambang dan Tahun Saka sesudah tahun 1365. Perincian data itu penting untuk menentukan karya kakawin Prapanca yang belum ditemukan.

Satu kakawin lagi yang menjadi karya Prapanca adalah Niratha Prakreta. Prof Dr Purbatjaraka menerbitkan hasil penelitiannya kakawin Niratha Prakreta, 19 lengkap dengan kata pengantar dan terjemahannya. Hasil dari penelitian itu Niratha Prakreta memang merupakan karya dari Prapanca.Satu kakawin lagi yang menjadi karya Prapanca adalah Niratha Prakreta. Prof Dr Purbatjaraka menerbitkan hasil penelitiannya kakawin Niratha Prakreta, 19 lengkap dengan kata pengantar dan terjemahannya. Hasil dari penelitian itu Niratha Prakreta memang merupakan karya dari Prapanca.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More