Imigrasi Polman Gagas Rakor Tim Pengawasan Orang Asing

Senin, 06 Juli 2020 - 20:04 WIB
Sementara, menurut Kepala Divisi Keimigrasian, sejatinya koordinasi antar instansi biasa dilakukan dalam mengawal Orang Asing yang berada di Indonesia.

Ia menyebut CIQ (Custom, Immigration, dan Quarantine) sebagai salah satu contoh sederhananya.

"Kalau di Bandara atau Pelabuhan Internasional, kita bisa melihat CIQ. Tiga instansi yang berbeda, namun melakukan tujuan yang sama, yakni memastikan Orang Asing yang masuk ke Wilayah Indonesia tidak berbahaya dan memberikan manfaat," jelasnya.

"Setelah lolos CIQ, kita masih terus melakukan pengawasan melalui instansi-instansi terkait, misal apabila WNA itu adalah pekerja, maka Disnaker memiliki andil juga dalam pengawasannya. Misalnya itu pemuka agama, maka Kantor Kementerian Agama ikut mengawasinya, dan seterusnya pada instansi lainnya," papar Wishnu dalam pemaparan materi.



Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar berharap bahwa Tim PORA ini tidak hanya menjadi sekadar seremonial. Ia berjanji akan menunjuk pejabat di jajarannya untuk melakukan tindakan nyata sebagai tindak lanjut pengukuhan Tim PORA tingkat kecamatan ini.

"Semoga ini tidak bersifat seremonial saja, melainkan ada aksi nyata yang berdampak dalam hal pengawasan Orang Asing. Setelah ini saya akan meminta Kasi Intel saya untuk membentuk rencana kerja

untuk Tim PORA ini. Hal ini bisa dimulai dengan membuat grup Whats App untuk memudahkan

komunikasi," tutupnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More