Kasus HIV/AIDS Marak, Tokoh Jabar Ingatkan Pentingnya Iman dan Adab

Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:48 WIB
Lebih lanjut Iwan mengatakan, perlindungan anak secara intensif harus dilakukan sejak dini. Pasalnya, kasus HIV/AIDS juga bisa terjadi akibat hubungan sesama jenis dari anak-anak yang sebelumnya pernah menjadi korban asusila.

Berdasarkan data, lanjut mantan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar ini, anak-anak yang sempat jadi korban sodomi, ketika besar tak sedikit yang juga menjadi pelaku, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dari instansi terkait.

"Di Jawa Barat kita kenal ada DP3AKB dan P2TP2A yang menangani masalah ini. Kinerja dinas dan lembaga ini harus kita acungi jempol, namun juga harus kita dukung dalam membantu proses pendampingan para korban asusila," tuturnya.

Upaya pendampingan penting dilakukan, agar para korban asusila ini tidak memiliki perilaku seks yang menyimpang selain dengan terus memberikan semangat secara psikologis dan pendidikan agama.

Adapun bagi mereka yang sudah tertular HIV, kata Iwan, untuk tahap awal memang ada metode untuk menekan penyebarannya, yakni melalui penggunaan obat Antiretroviral (ARV) yang bisa didapatkan gratis dan mudah di Puskesmas.

"Saya juga berterima kasih kepada Kementrian Kesehatan yang menyediakan obat ini secara gratis. Hanya saja, jika tidak rutin meminumnya, maka dikhawatirkan virusnya menyebar dan sulit dikendalikan. Kalau sudah begini, penderita harus mengonsumsi obat impor dengan biaya puluhan juta per bulannya," katanya.

Iwan yang juga seorang Nahdlyin ini pun memberikan informasi terkait metode pencegahan penyebaran HIV pada tubuh penderitanya, yakni dengan metode yang diterapkan di Pesantren Abah Anom di Tasikmalaya.

Melalui metode Thariqah Qodiriah Naqsabandiyah (TQN), para penderita HIV bisa memiliki harapan hidup lebih lama. Selain mendapat harapan hidup lebih, mereka juga dipastikan mendapatkan pendidikan agama yang baik.

"Ini pun berlaku bagi pecandu narkoba yang susah berhenti. Apalagi, jarum suntik narkoba adalah salah satu cara penyebaran tercepat virus HIV ini," tandasnya.

Diketahui, fenomena HIV/AIDS kini tengah menghebohkan masyarakat Kota Bandung dimana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bandung membeberkan fakta bahwa dari 5.943 kasus positif HIV di Bandung selama periode 1991-2021, 11 persen di antaranya menjangkiti ibu rumah tangga (IRT).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More