Safari Ramadhan, KKP Luncurkan Kampung Bandeng Gresik

Kamis, 21 April 2022 - 04:32 WIB


"86 orang diantaranya merupakan pembudidaya bandeng," sambung Teguh.

Sementara itu, berdasarkan hasil verifikasi QA terhadap 6 kelompok pembudidaya ikan bandeng dan satu orang pembudidaya di Dusun Sumbersuci dapat disimpulkan bahwa kemampuan unit usaha dalam pemenuhan standar berbudidaya bandeng.

Namun masih perlu ditingkatkan dan dapat diusulkan untuk diproses Self Declare guna pemenuhan persyaratan cara budidaya ikan yang baik untuk skala mikro hingga kecil.

Ke depan, produk usaha budidaya bandeng dari desa ini pun diyakini dapat men-supply pasar ekspor melalui mini plant atau suplier yang telah memiliki sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB).

“Dalam rangka mencegah adanya penyakit ikan pada budidaya ikan bandeng di Desa Pangkahwetan, maka BKIPM merencanakan untuk melaksanakan Pemantauan Penyakit Ikan Karantina (PIK) dan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan melalui monitoring dalam rangka pelaksanaan INPRES 01/2017 sebanyak dua kali dalam satu tahun dan Verifikasi Quality Assurance sebanyak empat kali dalam satu tahun”, ujar Teguh di sela acara.



Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah menetapkan tiga program prioritas KKP, salah satunya pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

Menurutnya, terdapat tiga kategori, yaitu kampung perikanan budidaya pedalaman untuk komoditas air tawar, kampung perikanan budidaya pesisir untuk komoditas payau, serta kampung perikanan budidaya laut.
(san)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More