Kisah Kiai Sholeh Darat, Ulama Semarang yang Mampu Ubah Bongkahan Batu Jadi Emas

Kamis, 10 Maret 2022 - 05:00 WIB
Makanya, suatu ketika Kiai Sholeh Darat akan diberi hadiah banyak harta benda oleh Belanda. Pengaruh besar KH Sholeh Darat menjadi “tanda tanya” dalam diri pasukan Belanda. Hadiah itu untuk membujuk Kiai Sholeh Darat bisa kompromi dan bahkan bisa masuk barisan Belanda.

Karena mendapatkan “penghinaan” atas perjuangan yang sudah dilakukan, Kiai Sholeh Darat mengubah bongkahan batu di sampingnya menjadi emas di hadapan utusan Belanda. Tentu saja, utusan Belanda kaget, takut dan sesegera mungkin meninggalkan KH Sholeh Darat. Karomah yang langsung ditampakkan di hadapan Belanda ini membuat KH Sholeh Darat makin berpengaruh saat itu, sehingga Belanda tidak berani seenaknya dalam mempermainkan rakyat, apalagi kaum santri.

Karena karomah yang terlihat ini pula KH Sholeh Darat banyak menangis. Sebenarnya karomah yang dimiliki itu sangat pribadi, alias rahasia, tidak untuk dipertontonkan. Tetapi kondisi saat itu membuat Kiai Sholeh Darat membuka “rahasia” kewalian yang melekat dalam dirinya. Kiai Sholeh Darat seorang wali yang sangat besar karomahnya, sehingga beliau tidak berkenan karomah itu tampak di hadapan manusia secara umum.

Itulah Kiai Sholeh Darat. Darah perjuangannya menggelora dalam melawan penjajah. Apapun iming-iming harta dan jabatan, tak pernah membuat beliau tergiur. Kiai Sholeh Darat fokus mengajar santri dan berjuang membela rakyat dari penindasan. Beliau tidak mau terkenal, walaupun murid-muridnya menjadi tokoh besar yang berjasa bagi bangsa ini.

Diolah dari berbagai sumber
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More