Pemuda Difabel Asal Pinrang Raih Penghargaan Khusus Kalpataru 2021

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 15:35 WIB
Pemuda difabel asal Pinrang Ali Topan meraih penghargaan khusus Kalpataru 2021. Foto: Istimewa
JAKARTA - Ali Topan asal Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulsel, mendapat Penghargaan Khusus Kalpataru 2021 sebagai Pemuda Inspiratif Advokasi Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kalpataru merupakan penghargaan yang diberikan kepada mereka baik individu maupun kelompok yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan.

"Alhamdulillah saya dapat penghargaan khusus untuk advokasi lingkungan," kata Ali Topan, dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Jumat (15/10).



Baca Juga: Pesan Menteri Siti Nurbaya ke Penerima Penghargaan Kalpataru 2021





Penghargaan ini
merupakan kali pertama diraih oleh pengiat lingkungan asal Pinrang. Gerakan yang dilakukan Ali Topan adalah menghadirkan bank sampah sebagai jawaban atas permasalahan kompleks seputar sampah. Sehingga sampah dapat dijadikan sumber penghasilan dan tidak dipandang sebagai permasalahan.

"Saya ajak teman-teman ketika ada kegiatan lingkungan yang tidak jalan, saya advokasi teman-teman untuk menjalankan. Saya membentuk bank sampah, jadi tugas saya mengajak teman-teman sambil jalan bersama," sebut Sekretaris Taruna Siaga Bencana Kabupaten Pinrang ini.

Ia enyebutkan keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang di mana kedua kakinya lumpuh. Sebuah peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi tahun 2015 sempat mempengaruhinya. Ia terjepit besi di ketinggian 15 meter. Akibatnya kedua kaki lumpuh total.

"Kemarin menjadi momok, tetapi saya kemudian tidak ingin kekurangan ini menjadi penghalang. Kekurangan itu cuma fisiknya, tetapi gerakan (advokasi) tidak," ucap pemuda difabel alias penyandang disabilitas itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More