Diseret ke Pengadilan, Pidi Baiq Tuntut The Panasdalam Bank

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 11:47 WIB
"Ini jadi kejutan dan jadi bukti kalau sekarang The Panasdalam Bank itu independen, jadi memang secara otonomi berdiri sendiri, dan ayah sudah mulai menyerahkan seluruhnya The Panasdalam Bank ma jalan aja, berkarya dan manggung seperti biasa," kata Alga.

Meski sudah tidak ada lagi campur tangan Pidi Baiq, namun para personel tetap konsultasi perihal lagu. Dikenal sebagai penulis dan pencipta lagu-lagu The Panasdalam Bank, mereka tidak mau melepaskan kecirikhasan dari band tersebut.

"Kalau urusan lagu dan lainnya masih melibatkan (ayah), karena dia kan yang bikin lagu jadi pasti ngobrol. Cuma sekarang ayah lebih di belakang panggung saja, jadi sudah tidak nyanyi lagi, ada style bermusik yang kita sesuaikan dengan ayah," tuturnya.

Mengenai proyek minialbum terbarunya, Alga dan kawan-kawan sepakat merilisnya satu per satu. Dimulai dengan lagu 'Kamu Orang Gula', The Panasdalam Bank akan melanjutkannya dengan single kedua dan ketiga, baru di single keempat hingga enam, mereka melepas seluruhnya dalam bentuk mini album.

Sementara itu, Pidi Baiq mengatakan, The Panasdalam Bank adalah masa lalu buatnya. Selama jalannya persidangan, pria yang akrab disapa ayah itu banyak mengulang memori masa-masanya membentuk NKRTPD dan The Panasdalam Bank.

"Mungkin itu ada (merasa flashback), justru saya bertanya-tanya The Panasdalam Bank kalau tanpa saya gimana itu. Itu ma penasaran aja. Tapi saya yakin lebih bagus lah, karena saya adalah masa lalu, mereka kan sekarang masa kini. Pasti mereka menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekarang," ujar pria yang akrab disapa Ayah ini.

Ayah mengakui bila selama ini The Panasdalam Bank memang identik dengan sosok dirinya. Pascakeputusannya mundur dari otonomi The Panasdalam, pasti banyak penggemar yang menanyakan keberadaannya. "Untuk sementara waktu masih identik, tapi seiring berjalan waktu akan membentuk dirinya sendiri. Saya berharap lebih baik," katanya.

Produser Musik DCDC Pengadilan Musik Addy Gembel menyebut, pamor The Panasdalam di jagat musik indie Kota Bandung tidak bisa dipandang sebelah mata. Hadir dengan lagu-lagu bernuansa jenaka dan sarat makna mendalam, The Panasdalam Bank dinilai layak untuk berada di atas panggung DCDC Pengadilan Musik.

Apalagi mereka baru saja merilis single baru berjudul Kamu Orang Gula. Setiap bait lirik lagu dan proses produksinya dikupas tuntas selama gelaran DCDC Pengadilan Musik virtual berlangsung. "Eksistensi mereka sudah cukup lama, punya penggemar yang banyak dan baru saja merilis karya terbaru jadi parameter kenapa mereka harus disidang di Pengadilan Musik," tuturnya. Adv
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More