Penerapan New Normal, Muba Perkuat Lini Pelayanan dan Pencegahan

Rabu, 27 Mei 2020 - 10:42 WIB
Menurutnya, tidak hanya penambahan tempat tidur, di RSUD Bayung Lencir dan RSUD Sungai Lilin juga telah ditambah fasilitasi rontgen mobile dan ventilator. Dengan telah disiapkan bio safety cabinet (BSC) di tiga RSUD diharapkan agar pihak Kementrian Kesehatan bisa bekerja sama menjadikan RSUD di Muba mandiri dalam pemeriksaan swab.

"Saat ini sudah tersedia tes cepat molekuler di tiga RS yang ada di Muba dan syarat utama yaitu bio safety cabinet yang telah disiapkan. Ini semacam lemari tabung kedap udara untuk mengambil virus dari spesimen dan dites di alat TCM yang setara dengan PCR swab, sehingga dalam waktu 2-3 jam hasil konfirmasi positif atau negatif sudah didapatkan. Berikutnya kami juga sudah memesan rapid test antigen," kata Azmi.

Direktur RSUD Sekayu, Makson Parulian Purba mengatakan, saat ini telah dibangun rumah sakit darurat dan empat ruang isolasi dengan sistem tata udara bertekanan negatif berstandar internasional dan dilengkapi dengan tower pembuangan standar Kemenkes.

"Di rumah sakit darurat terdapat 32 tempat tidur dan sudah disiapkan cadangan 24 tempat tidur lagi, sedangkan di wisma atlet untuk isolasi tenaga kesehatan RSUD Sekayu berupa 50 kamar dan 100 tempat tidur," tandasnya.
(ihs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More