Selain Monitoring Prokes, Pemulihan Ekonomi Jadi Perhatian saat PPKM Jilid II

Selasa, 26 Januari 2021 - 05:35 WIB
Pengawasan warga luar daerah tidak akan jadi fokus utama dalam PPKM tahap kedua di Cimahi, tetapi lebih ke peningkatan patroli area publik dan pemulihan ekonomi masyarakat. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
CIMAHI - Pemkot Cimahi beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat evaluasi dan persiapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid II, Senin (25/1/2021).

Kesepakatan yang diambil pada PPKM jilid II yang digelar mulai 26 Januari-8 Februari 2021, bahwa patroli kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) akan ditingkatkan dan pemulihan ekonomi juga dilakukan.

"Untuk pelaksanaan PPKM pertama cukup efektif menekan kasus COVID-19 . Harapannya PPKM kedua juga sama, sekaligus pemulihan ekonomi bisa dilakukan," kata Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana kepada wartawan.

Menurutnya, Pemkot Cimahi beserta jajaran Forkopimda siap melaksanakan dan mendukung PPKM tahap II. Teknis pelaksanaannya hampir sama meskipun ada beberapa kegitan yang berbeda. Seperti untuk pemeriksaan warga luar daerah tidak jadi fokus utama.

Namun untuk patroli soal penerapan disiplin prokes akan lebih ditingkatkan terutama ke kawasan yang masih jadi tempat keramaian.



Selain itu, sektor ekonomi juga harus kembali didorong untuk pemulihan perekonomian masyarakat, meski aktivitas pusat perbelanjaan, restoran, cafe, dan rumah makan tetap ada pembatasan operasional.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, BMKG Kertajati Imbau Masyarakat Ciayumajakuning-Sumedang Waspada

Disinggung soal kasus COVID-19, dia menyebutkan, selama dua pekan PPKM yang meninggal karena COVID-19 hanya ada 5 orang. Sedangkan untuk yang terkonfirmasi positif sebanyak 2.777, sembuh 2.137 atau rata-rata sehari sembuh sampai 34 orang, dan yang diisolasi di rumah sakit tinggal 22 orang.

Baca juga: 6 Pekan Zona Merah, Karawang Jadi Perhatian Khusus Ridwan Kamil

"Kami juga ucapkan terima kasih ke warga yang telah disiplin terapkan prokes. Sebab keberhasilan PPKM dan berkurangnya kasus COVID-19 di Cimahi juga atas peran masyarakat dan petugas," pungkasnya.
(boy)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More