Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM, Pemda KBB Gelar Festival Ramadan

Rabu, 12 April 2023 - 08:00 WIB
loading...
Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM, Pemda KBB Gelar Festival Ramadan
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan saat membuka Festival Ramadan yang diikuti sekitar 30 pelaku industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Alun-alun Lembang. (Foto/Dok.Humas)
A A A
BANDUNG BARAT - Pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan Festival Ramadan yang diikuti sekitar 30 pelaku industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Alun-alun Lembang mulai Minggu 9 April-10 April 2023.

Festival Ramadan ini digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan pemulihan perekonomian masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Sehingga semua masyarakat khususnya pelaku usaha bisa merasakan berkah dari bulan Ramadan.

"Kami terus berupaya meningkatkan pemulihan perekonomian masyarakat melalui realisasi berbagai program yang telah kami gulirkan," kata Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan ketika membuka Bazaar Ramadan tersebut.

Hengki menyebutkan, selain kegiatan tersebut, pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dengan mengalokasikan tunjangan kinerja (tukin) ASN sebesar 5%. Yakni untuk dibelanjakan khusus produk UMKM asli KBB dengan perputaran uang mencapai Rp2 miliar.

“Kami juga membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan berbagai produknya dibooth khusus UMKM di IKEA Kota Baru Parahyangan,” ujar Hengki.

Pemda juga telah berkomitmen dengan para pengusaha berbagai obyek wisata agar menyediakan tempat khusus bagi para pelaku UMKM menggelar berbagai produknya. Sehingga produk UMKM asal KBB bisa jadi souvenir dan buah tangan para wisatawan dan menjadi lebih dikenal luas.

Apalagi banyak objek wisata di kawasan Lembang yang sudah dikenal oleh wisatawan lokal atau mancanegara. Imbasnya ketika mereka membawa produk UMKM KBB ke tempat asalnya, maka produk itu akan semakin dikenal dan menyebar luas. Harapannya akan terus dipesan sehingga bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

"Banyak produk UMKM asal KBB yang bagus dan bisa bersaing dengan produk luar. Itu tentunya jadi kebanggaan bagi KBB yang sudah mendeklarasikan sebagai daerah dengan moto "Beautiful of Parahyangan"," pungkasnya. (ADV)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)