Profil Jhonny Edison Isir, Adhi Makayasa Akpol 1996 yang Jadi Kapolda Termuda Saat Ini

Selasa, 15 Oktober 2024 - 19:42 WIB
Dirinya tercatat lulus dari PTIK di tahun 2003, dan meraih gelar Master Transnational Crime Prevention/MTCP, University of Wollongong Australia di tahun 2006.

Dalam riwayat kariernya di kepolisian, Jhonny tercatat pernah menduduki posisi Kasat Serse Polres Maliana Timor Timur tahun 1998, Kasat Sabhara Polres Dili, dan KBO Serse Polres Surabaya Utara Polda Jatim pada 1999.

Setelah itu, ia sempat menjabat sebagai Kapolsek Karangpilang Polres Surabaya Selatan tahun 2003, Kanit I Sat II Ekonomi Ditreskrim Polda Jatim di 2007, Wakasat Serse Polwiltabes Surabaya pada 2008, dan Wakapolres Surabaya Selatan Polda Jatim tahun 2009.

Setahun berselang, ia dipercaya untuk menduduki jabatan Kanit II Sat I Pidum Ditreskrim Polda Jatim. Kemudian di tahun 2011, ia ditugaskan menjadi Kanit I Subdit II Hardabangta Ditreskrimum Polda Jatim.

Setelah cukup lama berkarier di Pulau Jawa, Jhonny akhirnya kembali ke Papua untuk bertugas menjadi Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Papua di tahun 2012.

Tidak cukup sampai disitu, dia juga pernah diberi amanah untuk menjabat sebagai Kapolres Jayawijaya di tahun 2013, dan Kapolres Manokwari pada 2014.

Posisi lain seperti Wadirreskrimum Polda Banten, Dosen Utama STIK PTIK, dan Dirreskrimsus Polda Riau juga pernah dicicipinya dari tahun 2016 hingga 2017.

Pada tahun 2017 ini juga, Jhonny mendapat tugas penting untuk menduduki posisi Ajudan Presiden RI Joko Widodo selama kurang lebih dua tahun hingga 2019.

Usia meninggalkan posisi Ajudan Presiden, Jhonny sempat menduduki tiga jabatan berbeda dalam tahun 2019 lalu, yakni sebagai Irbidjemensdm II Itwil V Itwasum Polri, Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri, dan Kapolrestabes Medan.

Karier Jhonny kemudian melejit setelah ditunjuk menjadi Kapolrestabes Surabaya di tahun 2020. Dimana setahun setelahnya ia sukses pecah bintang setelah ditugaskan sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content