Penyebab Keruntuhan Kerajaan Kalingga, Berlangsung Setelah Era Kejayaan Ratu Shima

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:12 WIB
Ratu Shima memimpin Kerajaan Kalingga hingga mencapai puncak kejayaan. Foto/Ilustrasi/Instagram @ainusantara
KERAJAAN Kalingga mengalami keruntuhan yang disebabkan sejumlah alasan menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Salah satunya diakibatkan serangan dari kerajaan lain.

Kalingga merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang pernah eksis di Jawa Tengah. Dikenal juga sebagai Kerajaan Holing, keberadaannya diperkirakan bermula sekitar abad ke-6.



Pada perkembangannya, Kerajaan Kalingga memperoleh era kejayaan di pemerintahan Ratu Shima. Akan tetapi, kerajaan ini mulai mengalami kemunduran setelah Ratu Shima wafat pada 695.

Berkaitan dengan keruntuhannya, ada beberapa faktor yang membuat Kerajaan Kalingga runtuh. Diolah dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024), berikut ini di antaranya.

Penyebab Keruntuhan Kerajaan Kalingga

1. Kehilangan Sosok Ratu Shima



Berakhirnya era pemerintahan Ratu Shima membuat keadaan Kerajaan Kalingga goyah. Meski memiliki penerus, raja baru dianggap kurang memenuhi harapan rakyat.



Pada akhirnya, rakyat Kalingga dihadapkan dengan berbagai kebijakan baru yang dirasa menyimpang. Sebagai hasilnya, muncul ketidakpuasan yang menyulut ketegangan tersendiri antara rakyat dan pihak istana.

Tak hanya politik, situasi ekonomi juga mengalami kemerosotan sejak Ratu Shima meninggal dunia. Sebagai contoh, waktu itu muncul berbagai gejolak yang mengganggu aktivitas perdagangan dari kerajaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content