13 Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:21 WIB
Candi Prambanan bercorak Hindu ini dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Rakai Pikatan. Foto/SINDOnews
Sedikitnya ada 13 peninggalan Mataram Kuno baik itu berupa prasasti maupun candi yang tersebar di berbagai wilayah. Dari peninggalan inilah seseorang dapat menilai dan menerawang bagaimana kehidupan kerajaan nusantara di masa lampau.

Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu Buddha yang berkembang pada abad 8-10 Masehi. Dalam jangka waktu tersebut, terdapat tiga dinasti yang berkuasa, yakni Sanjaya, Syailendra, dan Isyana.

Sebagai salah satu kerajaan nusantara yang sempat berjaya di masa lalu, Mataram Kuno punya peninggalan yang terbilang banyak dan cukup megah jika dilihat dari candi-candi yang dibangun.

13 Peninggalan Mataram Kuno:

1. Prasasti Canggal





Menurut laman resmi Provinsi Jogja, Prasasti Canggal adalah Kerajaan Mataram Kuno yang ditemukan di Gunung Wukir, Desa Canggal, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah dalam keadaan terbelah menjadi dua bagian.

Prasasti Canggal memiliki angka tahun 654 Śaka (732 Masehi) berhuruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Prasasti Canggal mengisahkan keterangan penting tentang perkembangan kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Raja Sanjaya.

2. Prasasti Kalasan



Prasasti Kalasan merupakan sebuah prasasti yang ditemukan di Desa Kalasan, Yogyakarta. Prasasti Kalasan memiliki angka Tahun 700 Śaka (778 Masehi) yang ditulis menggunakan aksara Siddham (Pranagari) dan berbahasa Sansekerta.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More