13 Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:21 WIB

5. Prasasti Ratu Boko



Prasasti Ratu Boko terbuat dari bahan batu andesit dari tahun 792 M, ditulis dengan huruf Pranagari. Prasasti Ratu Boko berisi tentang pendirian Abhayagiriwihara oleh Rakai Panangkaran, salah satu raja Kerajaan Mataram Kuno.

6. Prasasti Kelurak



Prasasti Kelurak merupakan salah satu prasasti yang ada pada masa Kerajaan Mataram Kuno berangka tahun 782 Masehi. Prasasti ini menceritakan bahwa Kerajaan Mataram Kuno pada masa Dinasti Syailendra pernah dipimpin oleh seorang raja yang bernama Indra yang bergelar Sri Sanggramadananjaya.

7. Candi Borobudur



Candi yang berada di Magelang ini dinilai telah dibangun sejak tahun 780 Masehi pada masa pemerintahan raja-raja Wangsa Sanjaya. Awalnya, tinggi keseluruhannya adalah 42 meter. Namun setelah pemugaran, tingginya hanya 34,5 meter. Keseluruhan candi terdiri 10 lantai.

8. Candi Prambanan



Candi bercorak Hindu ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun oleh Rakai Pikatan. Candi terus dikembangkan serta diperluas oleh Balitung Maha Sambu di masa Kerajaan Medang Mataram.

9. Candi Mendut



Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan Prasasti Karang Tengah, Raja Indra membangun bangunan suci “çrimad venuvana” yang bermakna bangunan suci di hutan bambu, pada 824 masehi.

10. Candi Pawon



Candi Pawon terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurut JG de Casparis, Candi Pawon adalah tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra, ayah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

11. Candi Sewu



Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Masehi atas perintah Rakai Panangkaran serta Rakai Pikatan.

12. Candi Ngawen



Candi Ngawen berlokasi di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi yang diperkirakan telah dibangun pada abad 8 Masehi ini memiliki arca singa yang menopang empat sisi bangunan candi.

13. Candi Simbasari



Candi Sambisari berlokasi di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Sambisari dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Rakai Garung, Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More