Keren! Sosok Ganjar Pranowo Diperkenalkan ke Warga Garut Lewat Wayang Golek

Minggu, 05 November 2023 - 14:20 WIB
Pagelaran wayang golek yang bertema Saba Desa Jaga Lembur itu, digelar oleh tim relawan Bacapres Ganjar Pranowo, Sajajar (Sa-Jabar Jeung Ganjar). Berkolaborasi dengan Japura Ganjar Garut Berjaya, para relawan ini ingin menyosialisasikan cinta budaya pada masyarakat.

"Tujuan dari pagelaran ini adalah, untuk menumbuhkan rasa cinta lagi masyarakat terhadap budaya yang telah menurun tergerus oleh budaya asing. Ternyata responsnya sangat baik, masyarakat sangat antusias," ucap Ketua Sajajar Garut, Heri Herdiana.



Menurut Heri, kegiatan pagelaran wayang golek yang dihelat relawan Sajajar telah digelar di sejumlah daerah. Sebelum Garut, seni pertunjukan wayang telah dilaksanakan di Kabupaten Kuningan.

"Setelah Garut, pertunjukan wayang nanti akan dilaksanakan di Sukabumi. Melalui pertunjukan ini, kami berharapa Pak Ganjar ke depan bisa lebih memperhatikan budaya-budaya di setiap daerah Indonesia, termasuk Jawa Barat," katanya.

Mengamini hal yang disampaikan Heri Herdiana, Rio Harto Nugroho, Ketua Relawan Japura Ganjar Garut Berjaya, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang memperkenalkan seni pertunjukan wayang pada anak-anak secara langsung.



Rio memiliki harapan agar kesenian wayang golek dapat dikenal oleh anak-anak Jawa Barat, tidak melalui perantara media elektronik ataupun cetak. Ia menambahkan kegiatan dari relawan Sajajar ini membantu masyarakat mengenal terhadap budaya yang sangat jarang digelar.

"Terutama anak-anak bisa diperkenalkan, diperlihatkan langsung kesenian Sunda, menambah pengetahuan mereka. Alhamdulillah rupanya banyak juga anak-anak yang ikut nonton," ujar Rio.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content