Keren! Sosok Ganjar Pranowo Diperkenalkan ke Warga Garut Lewat Wayang Golek

Minggu, 05 November 2023 - 14:20 WIB
Sosok Ganjar Pranowo diperkenalkan ke warga melalui wayang golek, dalam pagelaran wayang golek Giriharja 3 di lapang sepak bola Legok, Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Sabtu (4/11/2023) malam. Foto/MPI/Fani Ferdiansyah
GARUT - Sosok bacapres 2024, Ganjar Pranowo, diperkenalkan kepada ribuan warga yang memadati lapangan sepak bola Legok, Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jabar. Sosok Ganjar Pranowo dihadirkan dalam pagelaran wayang golek, pada Sabtu (4/11/2023) malam.



Ribuan warga dari seluruh kampung di Desa Sukarame, antusias menghadiri pagelaran wayang golek Giriharja 3, karena pertunjukan tersebut merupakan bagian dari pesta rakyat yang sangat dinantikan.

Pertunjukan wayang yang baru dimulai sekitar pukul 22.00 WIB, masyarakat mulai tua hingga muda di desa ini telah berkumpul sejak beberapa jam sebelumnya. Sebagian besar dari mereka bahkan tampak menggelar tikar di depan panggung.



Warga sangat antusias demi bisa menyaksikan aksi wayang yang dimainkan putra dalang legendaris Jawa Barat, Asep Sunandar Sunarya, Yogaswara Sunandar Sunarya. "Banyak yang datang membawa keluarganya ke sini. Ayah, ibu, anak, menantu, hingga cucu semua kumpul bersama buat nonton wayang," kata Somantri (55).

Wayang golek memang telah menjadi hiburan masyarakat Jawa Barat, sejak abad ke-19. Seni pertunjukan teater rakyat yang semula dikhususkan bagi kaum menak itu, sudah digemari masyarakat Parahyangan secara luas sejak dahulu.

Kepala Desa Sukarame, Asep Basir mengatakan, seluruh warganya dari setiap kampung telah diundang untuk menghadiri pesta rakyat tersebut beberapa hari sebelumnya. Selain membuat warga datang berduyun-duyun untuk menonton, besarnya animo masyarakat juga telah membangkitkan semangat mereka yang berprofesi sebagai pedagang kecil.



"Kegiatan pagelaran wayang ini, telah membangkitkan ekonomi warga. Masyarakat sangat senang karena pertunjukan wayang golek di desa kami terbilang jarang digelar," kata Asep Basir.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content