Evaluasi Kinerja Presiden Jokowi, Mahasiswa Solo Gelar Demonstrasi

Jum'at, 03 November 2023 - 19:50 WIB
loading...
Evaluasi Kinerja Presiden Jokowi, Mahasiswa Solo Gelar Demonstrasi
Puluhan mahasiswa di Solo, melakukan aksi demonstrasi di Bundaran Gladag Solo, dengan tuntutan mengevaluasi sembilan tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (3/11/2023). Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Mahasiswa di Kota Solo, Jateng, menggelar aksi demonstrasi untuk mengevaluasi kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama sembilan tahun menjabat. Aksi demonstrasi digelar di Bundaran Gladag Solo, Jumat (3/11/2023).



Ketua BEM Universitas Sebelas Maret (UNS), Hilmi Ash Shidiqi mengungkapkan, aksi demonstrasi dilakukan untuk menyuarakan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode yang dinilai gagal.



Selain itu, aksi ini juga untuk menolak hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal ketentuan Pilpres. "Kami menyuarakan bersama-sama politik dinasti putusan MK, sekaligus kinerja Presiden Jokowi yang kami nilai gagal dalam perannya sebagai kepala negara," kata Hilmi.



Ada 13 poin yang menjadi sorotan mahasiswa selama Presiden Jokowi menjabat. Diantaranya, soal reformasi hukum, pemberantasan KKN, lingkungan hidup, Proyek Strategis Nasional (PSN), dan multifungsi TNI-POLRI.

Hilmi mencontohkan, berdasarkan data yang ada PSN menjadi sebuah problematika karena banyak memunculkan pelanggaran HAM. Kasus pelanggaran HAM tersebut, kebanyakan ditemukan di wilayah pelaksanaan PSN.

"Presiden Jokowi sebagai kepala negara berhasil menjadi Kepala Keluarga yang baik. Berhasil menghantar anaknya, Mas Gibran menjadi Wali Kota Solo, menghantarkan mantunya untuk menjadi Wali Kota Medan, menghantarkan anaknya menjadi ketua umum partai, dan berhasil menghantarkan anaknya sebagai Cawapres. Namun sebagai kepala negara, Presiden Jokowi adalah kepala negara yang buruk," ujar Hilmi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)