Sejarah dan Asal-usul Suku Banjar, Lengkap dengan Kebudayaan Khasnya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 12:30 WIB
Budaya dan tradisi masyarakat Banjar adalah hasil dari proses asimilasi selama berabad-abad yang dipengaruhi oleh kepercayaan Islam. Budaya Islam diperkenalkan oleh pedagang Arab dan Persia.

Ekspresi budaya Banjar tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, terutama dalam bentuk kesenian, tarian, musik, pakaian, permainan, dan upacara adat tradisional.



Tata nilai dan norma-norma sosial Banjar yang berasaskan Islam terus dijaga dan dilestarikan. Hal ini tercermin dalam aktivitas keseharian mereka.

Ini juga tercermin dalam berbagai pertunjukan seni Banjar yang sering diadakan dalam acara resmi, seperti tarian dan lagu khas Banjar.

Begitu pula dengan upacara adat khas Banjar yang biasanya dilangsungkan dalam peristiwa-peristiwa penting seperti pernikahan, kelahiran, atau peringatan-peringatan lain yang signifikan.

Adapun kesenian kebudayaan khas Suku Banjar di antaranya sebagai berikut.

1. Madihin



Seni Madihin adalah pertunjukan monolog oleh seniman tradisional, biasanya satu atau dua orang, yang mengkombinasikan syair dan pantun dengan musik gendang khas Banjar.

2. Mamanda



Seni Mamanda merupakan seni pentas teater tradisional Banjar. Menceritakan kisah-kisah kehidupan masyarakat perjuangan kemerdekaan serta kritik sosial dan politik yang berkembang.

3. Hadrah



Musik Hadrah adalah jenis musik aliran timur tengah yang merupakan bawaan dari kebudayaan Islam.

4. Musik panting



Seni Musik Panting adalah gabungan berbagai alat musik seperti Babun, Panting, Biola, dan Gong yang menciptakan irama khas. Alat musik utama, yaitu Panting, adalah alat musik petik kecil yang menyerupai Gitar Gambus. Musik ini sering mengiringi lagu-lagu tradisional Banjar dan tarian tradisional.

5. Upacara Maarak Penganten



Dalam rangkaian upacara perkawinan orang Banjar terdapat prosesi arak-arakan pengantin yang disebut maarak pengantin.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More