Inilah 13 Nama Raja Majapahit dari Awal Berdiri hingga Masa Keruntuhan

Kamis, 14 September 2023 - 09:09 WIB
Tribhuwana Wijayatunggadewi memerintah pada masa yang sulit karena banyaknya pemberontakan yang terjadi. Namun, ia berhasil menumpas pemberontakan tersebut dengan bantuan Gajah Mada.

Selain itu, ia juga berhasil memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Sumatra dan Semenanjung Malaya.

4. Hayam Wuruk (1350-1389 M)



Di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya. Kepiawaian dan kebijaksanaannya dalam hal mengatur pemerintahan membuat namanya tetap harum sebagai raja yang paling berprestasi sepanjang sejarah kerajaan di nusantara.



Diterangkan dalam kitab Negarakertagama bahwa pada masa kepemimpinannya, kehidupan politik kerajaan Majapahit begitu tenang dan aman. Ia selalu berkeliling desa untuk melihat langsung kehidupan rakyatnya.

Hayam Wuruk memimpin kerajaan dengan bijaksana dan adil sehingga ia dikenal sebagai raja yang sangat disegani oleh rakyatnya. Ia juga dikenal sebagai raja yang sangat pandai dalam bidang diplomasi sehingga mampu menjalin hubungan baik dengan negara-negara tetangga.

5. Wikramawardhana (1389-1429 M)



Wikramawardhana putra kesayangan Raja Hayam Wuruk dari permaisuri Paduka Sori. Dalam riwayatnya, dia menggantikan ayahnya menjadi raja dan memerintah Majapahit sejak tahun 1389 hingga 1429 Masehi.

Saat menjadi raja, Wikramawardhana menghadapi pemberontakan dari Bhre Wirabhumi, putra Hayam Wuruk dari selirnya Indreswari, yang mengklaim hak atas tahta Majapahit. Pemberontakan ini dikenal sebagai Perang Paregreg dan berlangsung selama 12 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More