Inilah 13 Nama Raja Majapahit dari Awal Berdiri hingga Masa Keruntuhan

Kamis, 14 September 2023 - 09:09 WIB
Kemudian ia berusaha menyingkirkan pasukan Mongol dari tanah Jawa. Lalu ia pun mendirikan Desa Majapahit dan memproklamasikan dirinya sebagai raja pertama Majapahit pada tanggal 15 Kartika 1215 Saka (10 November 1293).

Selama masa pemerintahannya, Raden Wijaya membangun kerajaannya dengan mengembangkan perdagangan. Selain itu ia juga mengadakan hubungan diplomatik dengan negara-negara tetangga seperti Cina dan Kamboja.

2. Kalagemet atau Sri Jayanagara (1309-1328 M)



Jayanagara merupakan anak Raden Wijaya dari permaisuri Gayatri. Ia menghadapi banyak pemberontakan selama masa pemerintahannya, seperti dari Sadeng, Keta, dan Wurawari. Namun, ia berhasil menumpas mereka dan mempertahankan kekuasaannya.



Jayanagara dikenal sebagai raja yang gemar berfoya-foya dan memiliki banyak selir. Pada masa pemerintahan Jayanagara, terjadi pergolakan dalam sejarah awal kekaisaran Majapahit . Menurut kitab Pararaton, ia sendiri meninggal akibat dibunuh oleh Ra Tanca, tabib istananya.

3. Tribhuwana Wijayatunggadewi (1328-1350 M)



Tribhuwana Wijayatunggadewi sendiri adalah putri Raden Wijaya dari permaisuri Tribuana. Raja perempuan yang satu ini naik tahta setelah Sri Jayanagara yang meninggal pada tahun 1328 Masehi.

Pada masa pemerintahan Tribhuwana Wijayatunggadewi, Kerajaan Majapahit belum sepenuhnya tentram karena terjadi beberapa pemberontakan. Pemberontakan tersebut akhirnya dapat ditumpas dengan bantuan Gajah Mada.

Sejak saat itu, Gajah Mada diangkat menjadi mahapatih dan dengan setia membantu sang ratu untuk memajukan Kerajaan Majapahit. Berkat keberanian, kebijaksanaan, dan kecerdasan Tribhuwana Wijayatunggadewi, ekspansi Kerajaan Majapahit mengalami kemajuan pesat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More