Bobby Nasution Gagas Event Internasional di Tjong A Fie Mansion

Minggu, 26 Juli 2020 - 07:29 WIB
Memasuki Tjong A Fie Mansion, seolah membawa kepada dimensi tempo dulu. Ketika Kota Medan mulai berkembang, salah satunya tak lepas dari sumbangsih Tjong A Fie, saudagar kaya raya yang berhati mulia.

Tjong A Fie tak bisa dipisahkan dari berkembangnya Kota Medan. Di dinding kediamannya, terpampang foto-foto sejarah. Bahkan surat wasiat Tjong A Fie kepada keturunannya pun dipajang.

Rumah dua lantai itu tampak masih cukup terawat. Barang-barang antik koleksi Tjong A Fie dan keluarganya pun masih tersimpan dan ditata dengan baik.

Namun, Mimi mengeluhkan sudah terjadi kebocoran disana-sini. Wajar, sebab rumah itu sudah berusia 120 tahun. Maka tak heran jika Mimi berharap ada renovasi.

"Saya ingin melihat bangunan ini direstorasi besar-besaran tanpa mengubah bentuk dan nilai sejarahnya. Itu yang ingin saya lihat," harap Mimi.

Mimi membandingkan dengan warisan sejarah di kota-kota besar lainnya yang tetap berdiri kokoh dan megah. Sangat terawat. Bobby sendiri mengaku tertarik untuk menjadikan Tjong A Fie Mansion menjadi destinasi wisata unggulan yang dimiliki Kota Medan. (BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Online)



"Jelas Tjong A Fie ini kebanggaan kota Medan. Kita harus ada perhatian khusus untuk bangunan-bangunan bersejarah seperti ini," kata Suami Kahiyang Ayu itu.

Lulusan S2 Agrobisnis IPB itu punya gagasan untuk menjadikan Tjong A Fie Mansion sebagai wadah menggelar even-even berskala internasional. "Tjong A Fie Mansion ini layak sekali menjadi tujuan wisata sejarah. Kita dorong juga anak muda untuk peduli sejarah dengan datang kesini. Saya juga kepikiran untuk buat festival internasional disini. Mudah-mudahan dapat kita wujudkan, sehingga ini bisa jadi ikon Kota Medan," pungkas Bobby.

Tjong A Fie adalah tokoh multikultural yang semasa hidupnya bisa merangkul semua kalangan. Tjong A Fie dikenal dekat dengan kalangan Melayu, Arab, India dan Belanda, selain orang Tionghoa. Tjong A Fie juga dikenal dermawan. (BACA JUGA: Diplomasi Kopi Bernilai Ekonomi)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More