PPP Gelar Rapimnas di Yogyakarta, Ini Nama-nama Bakal Capres yang Muncul

Rabu, 26 April 2023 - 14:47 WIB
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar Rapimnas di Yogyakarta. Sejumlah bakal calon presiden (Capres) muncul dalam Rapimnas antara lain Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subiyanto. Foto dok/SINDOnews
YOGYAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar Rapimnas di Yogyakarta. Sejumlah bakal calon presiden (Capres) muncul dalam Rapimnas antara lain Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno hingga Erick Thohir.

Wakil Ketua Umum PPP Asrul Sani mengungkapkan, para pengurus ataupun struktural partai sudah berkali-kali menyampaikan jika proses pencapresan di PPP ini berbasis pada buttom up.

Artinya PPP mendengarkan aspirasi dari struktur konstituen dan akar rumput partai terkait dengan siapa yang seyogyanya diusung oleh PPP dalam Pilres 2024 yang akan datang.

"Proses pencapresan di PPP memang dari bawah, sehingga aspirasnya tidak tunggal," ujar dia di sela Rapimnas PPP di Kediaman PLt Ketua PPP Muhammad Mardiono di Sleman, Rabu (26/4/2023).

Memang, lanjutnya, dalam proses buttom up itu tentunya suara aspirasi itu tidak tunggal. Karena memang selama ini jajaran tingkat wilayah baik Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di Propinsi ataupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di kabupaten/kota diberi keleluasaan untuk mengekspresikan suaranya.

Para struktural di daerah akan menyuarakan aspirasinya berdasarkan masukan konstituen akar rumput di daerah masing-masing. Di mana semua orang tahu jika ada sejumlah nama yang selama ini disuarakan di lingkungan struktural PPP.

Nama-nama itu adalah yang pertama Ganjar Pranowo. Di mana nama Ganjar Pranowo memang paling banyak disuarakan untuk diusung sebagai bakal calon presiden di dalam Rapat Pimpinan Wilayah (rapimwil) atau Musyawarah Kerja Wilayah (mukerwil). "Memang nama beliau paling banyak disebut,"tutur dia.

Selain nama Ganjar Pranowo, juga muncul nama Anies Baswedan yang disuarakan oleh beberapa DPW. Di samping itu ada juga akar rumput yang menyuarakan Prabowo Subiyanto, Sandiaga Uno ataupun Erick Tohir sebagai Capres.

Hanya saja, akhirnya suara usulan akar rumput tersebut disuarakan oleh partai. Di mana PPP harus melakukan forum permusyawaratan untuk membuat keputusan akhir. Dan nanti hasilnya akan diumumkan oleh PLt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Oleh karenanya, selama dua hari ini di Jogja, PPP melakukan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang dihadiri oleh pengurus DPP termasuk majelis mulai dari Majelis Kehormatan, Majelis Pertimbangan hingga Majelis Pakar yang ada.

Rapimnas ini kemudian juga dihadiri oleh Pimpinan Wilayah seluruh Indonesia. "Ini yang nanti akan diumumjan oleh PLt Ketua Umum siapa yang akan diumumkan. Ya ditunggu dulu," ujarnya.
(don)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content