Pasuruan Corner Pamerkan Produk UKM Pesisir

Kamis, 16 April 2015 - 09:34 WIB
Pasuruan Corner Pamerkan Produk UKM Pesisir
Pasuruan Corner Pamerkan Produk UKM Pesisir
A A A
PASURUAN - Pemkab Pasuruan kemarin meluncurkan gerai produk usaha kecil menengah (UKM).

Pembukaan gerai di Kecamatan Grati ini yang diberi nama Pasuruan Corner diharapkan bisa mendorong pengembangan produk unggulan di Kabupaten Pasuruan, khususnya dari masyarakat pesisir pantai utara (pantura). Pasuruan Corner menyediakan produk olahan hasil laut dan danau Ranu Grati, seperti bandeng asap tanpa duri, nugget bandeng, ikan empuk, dan kerajinan dari karang laut.

Selain itu, ada produk unggulan dari lebih 70 sentra UKM yang siap menjadi buah tangan khas Kabupaten Pasuruan. “Pemerintah berkomitmen mengembangkan sentra UKM untuk meningkatkan produktivitasnya. Pasuruan Corner ini bisa menjadi sarana bagi pelaku UKM untuk memasarkan produk hasil olahannya kepada masyarakat,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf seusai meresmikan Pasuruan Corner kemarin.

Menurut Irsyad, Kabupaten Pasuruan mempunyai potensi alam yang lengkap, mulai laut, danau, hingga pegunungan. Setiap kawasan memiliki keunikan potensi ekonomi UKM yang berpeluang besar untuk dikembangkan. Dia yakin, dengan dukungan dan keterlibatan semua pihak, Pasuruan Corner bisa semakin berkembang.

“Keterlibatan dunia usaha dalam pengembangan Pasuruan Corner akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga disparitas atau kesenjangan antara Pasuruan wilayah barat dan timur bisa tereliminasi. Pengembangan wilayah timur akan terus dilakukan seiring pembangunanjalantolGempol- Pasuruan-Grati,” tandasnya.

Hingga saat ini Pemkab Pasuruan telah membangun sentra UKM di kawasan Bangkodir (Bangil Kota Bordir) di Kecamatan Bangil dan di Pasar Wisata Kompleks Masjid Cheng Ho, Pandaan. Sementara, dua tempat lain berada Kecamatan Purwodadi dan Kota Pasuruan yang sedang dalam tahap perencanaan.

Arie yoenianto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)