Olahraga Aqua Zumba Lebih Enjoy

Kamis, 22 Januari 2015 - 10:45 WIB
Olahraga Aqua Zumba Lebih Enjoy
Olahraga Aqua Zumba Lebih Enjoy
A A A
SURABAYA - Bagi mereka yang ingin tubuhnya langsing, mungkin bisa mencoba olahraga satu ini, yakni aqua zumba.

Olahraga ini menggabungkan gerakan zumba yang dilakukan di dalam air seperti kolam renang. Jika biasanya gerakan zumba hanya dilakukan di ruangan, tetapi aqua zumba sengaja memakai media air agar tidak cepat capek saat melakukan gerakan. Apalagi hampir semua gerakan zumba di darat lebih cepat.

“Yang membedakan aqua zumba dengan zumba hanya medianya. Kalau aqua zumba kita harus masuk dalam air dan gerakannya juga lebih pelan dibandingkan zumba pada umumnya,” kata instruktur aqua zumba Atlas Sports Club, Maulani Murika, kemarin.

Dijumpai di salah satu pusat kebugaran, instruktur aqua zumba yang akrab disapa Ulan itu menjelaskan, untuk aqua zumba sengaja dilakukan dalam air karena risiko cedera sangat minim dibandingkan dengan gerakan zumba lainnya. Untuk bisa bergerak nyaman dalam air sebaiknya menggunakan kolam dengan kedalaman 50-75 sentimeter atau sebatas dada orang dewasa.

Tahapan pertama melakukan olahraga ini sama seperti pada zumba umumnya, yakni melakukan pemanasan terlebih dahulu lalu gerakan inti dan diakhiri dengan gerakan pendinginan. “Zumba kan gerakannya modifikasi sendiri dan mengikuti tiap track yang ada dalam lagunya. Karena itu, gerakan secara pakemnya tidak ada, hanya berupa kreasi-kreasi sendiri. Lagu-lagu yang dipakai pun tidak bisa sembarangan,” ungkapnya.

Gerakan aqua zumba diadaptasi dari kebugaran tradisional namun dikombinasikan dengan gerakan modern, ditambah alunan irama musik pengiring yang pas sehingga olahraga terasa lebih menyenangkan. Gerakannya mengutamakan bagian kaki dan lengan yang dilakukan pelan.

Mengingat dilakukan dalam air gerakannya terasa lebih ringan dan tanpa beban. Seperti pengakuan salah satu pengunjung Atlas Sport Clubs yang kemarin mengikuti olahraga aqua zumba. “Saya ada sedikit cedera kaki karena habis jatuh tetapi kalau dibuat diam saja nggak nyaman akhirnya ikut aqua zumba,” kata Rini Hamdani saat dijumpai seusai mengikuti aqua zumba.

Olahraga ini selain digemari karena manfaatnya banyak dan juga lebih nyaman, mengingat media yang dipakai adalah air sehingga seperti bermain-main.

Mamik Wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)