Lingkar Waru-Masjid Al Akbar Dibangun

Kamis, 15 Januari 2015 - 12:55 WIB
Lingkar Waru-Masjid...
Lingkar Waru-Masjid Al Akbar Dibangun
A A A
SIDOARJO - Pembangunan jalan penghubung RAM 115 yang merupakan akses dari Waru ke Masjid Al Akbar Surabaya direalisasikan.

Dengan demikian, nanti akan memudahkan akses menuju masjid terbesar di Jawa Timur itu. Belum jalan ini jadi, Takmir Masjid Al Akbar meminta setelah pembangunan jalan lingkar RAM 115 yang melintas atas Tol Waru-Juanda itu jangan sampai ada tempat maksiat di kawasan itu. Jalan yang dibangun PT Surabaya Lingkar Mas (SLM) salah satunya untuk kepentingan bisnis perusahaan tersebut.

PT SLM mempunyai lahan seluas 18 hektare di kawasan akses menuju Masjid Al Akbar yang nanti akan dibangun mal dan pusat bisnis lainnya. Dengan dibangunnya jalan lingkar RAM 115 itu akan memudahkan akses ke kawasan itu. Selama ini jika akan menuju ke Masjid Al Akbar dari kawasan Jalan Ahmad Yani-Waru harus memutar dulu.

Namun, jika jalan lingkar RAM 115 itu selesai dibangun, pengendara bisa langsung melewati jalan yang melintas di atas tol tersebut. Direktur Utama Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, H Endra Siswanto mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan akses itu. Ketika PT SLM datang ke takmir masjid, pertama kali yang ditanyakan adalah pembangunan itu harus mewadahi keberadaan masjid.

Direktur PT SLM Hendra Sujanto menjelaskan, sebenarnya pembangunan jalan lingkar RAM 115 itu direncanakan mulai tahun 2006. Selain untuk kepentingan pembangunan tempat komersial di lahan 18 hektare, jalan itu juga bermanfaat untuk akses menuju ke Masjid AlAkbar. ”Setelah jalan itu jadi kemudian akan kami serahkan ke Pemkab Sidoarjo,” katanya disela-sela ground breaking RAM 115, kemarin.

Pembangunan RAM 115 itu direncanakan dari pintu masuk tol penghubung Waru-Sidoarjo dengan panjang 1,2 kilometer dan lebar 10 meter. Pembangunan jalan penghubung itu tidak perlu membebaskan lahan warga karena menggunakan lahan milik tol dan Pemkab Sidoarjo serta milik PT SLM.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, pihaknya menyambut baik pembangunan RAM 115 itu karena akan memudahkan akses menuju Masjid Al Akbar.

Abdul Rouf
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)