Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Traffic

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:38 WIB
Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Traffic
Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Traffic
A A A
SURABAYA - Kebutuhan komunikasi jelang perayaan Tahun Baru tentu akan meningkat tajam. Pasalnya, banyak orang akan saling memberi ucapan selamat, apalagi Tahun Baru juga berdekatan dengan perayaan Natal.

Tentu saluran komunikasi akan mengalami lonjakan traffic. Mengantisipasi lonjakan komunikasi itu, Telkomsel menyiapkan 80 unit basetransceiver station (BTS) baru, ditambah 37 unit BTS bergerak (combat), dan 59 mobile Grapari. Bahkan, selama libur Natal dan Tahun Baru 2015, semua Grapari atau gerai layanan Telkomsel tetap beroperasi seperti biasa.

Executive Vice President Telkomsel Area Jawa-Bali, Yetty Kusumawati mengatakan, semua layanan ditingkatkan dengan tujuan utama memberi pelayan yang sempurna kepada para pelanggan Telkomsel meski sedang terjadi lonjakan traffic komunikasi.

”Lonjakan traffic komunikasi luar biasa tingginya jika mendekati momen seperti ini dan diperkirakan untuk lonjakan traffic pemakaian data tahun ini bisa mencapai sekitar 307 terabyte, atau naik sekitar 31,89% dibandingkan dengan traffic komunikasi pada harihari biasa,” kata Yetty.

Yetty juga memperkirakan selain ada lonjakan data, kemungkinan lonjakan traffic voice selama sepekan momen libur akhir tahun ini diperkirakan bisa mencapai sekitar 299 juta menit atau naik 5,85%. Hampir seluruh perangkat jaringan Telkomsel yang terpasang di Jawa dan Bali mampu melayani hingga 47 juta pelanggan.

Bahkan, untuk mengantisipasi lonjakan traffic data, selain menambah BTS baru, juga bekerja sama dengan pihak Telkom memasang WiFisebagai solusi crowd management. Sementara layanan untuk pesan pendek akan diperkirakan mencapai 199 juta SMS atau naik 20,14% dibandingkan dengantraffic normal hari biasa yang hanya mencapai sekitar 165 juta SMS untuk wilayah Jawa dan Bali.

Khusus area Jawa dan Bali terdapat lebih dari 200 titik keramaian yang menjadi fokus peningkatan layanan Telkomsel. Peningkatan layanan ini berupa penguatan jaringan dan mendirikan posko siaga mempermudah pelanggan mengetahui dan mendapatkan produk dan layanan Telkomsel pada masa libur panjang.

”Posko-posko siaga ini bisa ditemukan di lokasi-lokasi yang ramai, seperti Bandara Juanda, Ngurah Rai (Bali), Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Gilimanuk, Pantai Kuta, KBS Surabaya, Taman Bungkul, Simpang Lima Semarang, Alun-Alun Yogyakarta, tempat wisata liburan lain, dan alun-alun setiap kota juga bisa ditemukan posko serupa,” kata Yetti.

Mamik Wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)