Angkutan Wisata Siap Promosikan Pantai Papuma

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:38 WIB
Angkutan Wisata Siap Promosikan Pantai Papuma
Angkutan Wisata Siap Promosikan Pantai Papuma
A A A
JEMBER - Hari jadi Kabupaten Jember tahun ini terasa istimewa. Bersamaan dengan usianya yang ke-86 tahun, Kabupaten Jember kini memiliki angkutan khusus wisata menuju Pantai Papuma.

Peresmian dilakukan dari Alun-alun Jember menuju Pantai Wisata Papuma kemarin. “Ini menjadi kado untuk hari jadi Jember dan Tahun Baru 2015,” tutur Isman Sutomo, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, dalam sambutannya. Menurut Isman, konsep angkutan wisata yang dicanangkan beroperasi penuh pada 2015 adalah pemadu moda yang menggabungkan transportasi darat, udara, dan kereta api.

Untuk itu, ada kebijakan perubahan angkutan massal, peremajaan taksi, serta penambahan rute penerbangan Surabaya- Jember. Dia mengatakan, program perbaikan dan inovasi transportasi terlaksana dengan bantuan enam bus dari Dirjen Angkutan Darat Kementerian Perhubungan dan dua mikrobus dari PT Damri.

Rute bus pemadu moda meliputi Terminal Tawangalun (darat) menuju Stasiun Jember hingga Bandara Notohadinegoro di Kecamatan Ajung, lalu menuju Terminal Ajung dan kembali ke Terminal Tawangalun. Rute ini juga sangat membantu rencana Garuda Indonesia yang akan menambah jadwal penerbangan Surabaya-Jember menjadi dua kali dalam sehari. “Kami tentu bersyukur dengan perubahan ini sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk menuju bandara dan stasiun,” ungkap Isman.

Selain itu, kata Isman, telah disiapkan moda khusus untuk membedah potensi wisata di Jember dari Terminal Ajung menuju Pantai Papuma. Bus wisata dari Damri ini dilengkapi fasilitas AC dan hotspot dengan tarif direncanakan Rp20.000/orang. “Tapi tidak boleh mengangkut penumpang di sembarang tempat, harus di selter atau terminal agar tidak bergesekan dengan moda angkutan lain,” kata dia.

Pemkab Jember juga akan meremajakan armada taksi. Pada tahap awal disiapkan 30 unit yang beroperasi pada Januari 2015. Taksi baru ini tidak hanya berjenis sedan, tetapi juga mobil keluarga. Berbagai perubahan itu diharapkan semakin membuat Jember lebih teratur dan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Wakil Bupati Jember Kusen Andalas menyatakan terima kasihnya atas bantuan PT Damri dan Kementerian Perhubungan ini. Hal ini diharapkan semakin dapat memenuhi kebutuhan transportasi serta bermanfaat bagi masyarakat dan membawa ke arah kemajuan bagi Jember. Direktur Usaha Damri Pusat kemarin mengatakan, angkutan pemadu moda di Jember ini merupakan angkutan pemadu moda yang ke-19 di seluruh Indonesia.

Pekan lalu, Damri juga meluncurkan pemadu moda di Pontianak, Kalimantan Barat. Pekan depan, moda yang sama diluncurkan di Papua.

P Juliatmoko
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8055 seconds (0.1#10.140)