Janji Raja Isa

Minggu, 14 Desember 2014 - 12:30 WIB
Janji Raja Isa
Janji Raja Isa
A A A
Salah satu kandidat Pelatih Persela Lamongan, Raja Isa, akhirnya datang secara langsung ke Lamongan, kemarin. Pelatih asal Malaysia itu memaparkan konsep kepelatihannya di depan manajemen Persela.

Raja Isa berbicara selama 90 menit terkait visi dan misinya jika dipercaya menjadi entrenador Laskar Joko Tingkir . Salah satu poin yang dilontarkannya adalah menjamin konsistensi Persela di Indonesia Super League (ISL). Eks pelatih Persijap Jepara itu akan mencoba mempertahankan stabilitas Persela yang terbangun selama beberapa musim terakhir.

“Persela konsisten dan bagus sejak dilatih Miroslav Janu. Ini yang coba saya jamin,” sebutnya. Dia tak menampik tugas sebagai pelatih musim 2015 bakal berat karena kompetisi bakal kembali ke format satu wilayah dan memainkan lebih banyak pertandingan. Untuk itu, dia butuh pemain pekerja keras dan tidak cengeng.

Selain menyampaikan tekadnya untuk membentuk tim yang solid, Raja Isa juga mengutarakan beberapa aspek yang perlu dilakukan Persela. Salah satunya mendatangkan pelatih kiper dan pelatih fisik. Pengamatan Raja Isa, Persela musim lalu terlalu banyak kemasukan gol. Seorang pelatih kiper diyakini akan bisa meningkatkan performa Khoirul Huda dan kiper lain di Stadion Surajaya.

“Butuh pelatih kiper dan fisik, kalau bisa yang berlisensi,” tegasnya. Dia juga menyatakan tidak akan membawa pemain ke Lamongan seandainya resmi ditunjuk sebagai pelatih. Dia cukup berpesan bahwa Persela mencari pemain dengan daya juang tinggi, termasuk melalui tahap seleksi. Manajemen yang diwakili Manajer Persela Yunan Achmadi dan Wakil Sekretaris Muji Santoso, belum membuat keputusan soal pemaparan Raja Isa.

Yunan mengatakan pihaknya masih mempelajari lebih dalam konsep yang disampaikan Raja Isa. “Tidak bisa langsung diputuskan. Manajemen akan melakukan rapat untuk membicarakan konsep tadi. Tapi secara garis besar, apa yang disampaikan Raja Isa sesuai dengan keinginan Persela,” tutur Yunan seusai menemui Raja Isa.

Sang manajer juga tak menampik kemungkinan adanya pelatih lain yang juga ingin menyampaikan konsepnya di depan manajemen. Sebab, selain Raja Isa, calon pelatih lain juga sempat disebut, yakni Fabio Oliviera. Selain Persela, Persepam Madura United juga sedang gencar mencari pelatih. Eks asisten pelatih tim nasional Indonesia Widodo Cahyono Putro hampir pasti menjadi pelatih anyar Persepam.

Kemarin, dia memaparkan konsep kepelatihannya di depan manajemen Persepam. Ini menjadi progres positif bagi Persepam yang ingin mendapatkan pelatih berpengalaman.

Sejauh ini, Widodo adalah pelatih yang paling serius melakukan komunikasi dengan awak tim berjuluk Sape Kerap itu. Dibandingkan tiga kandidat lain yang pernah disebut, seperti Indra Sjafri, Alfred Riedl, dan Aji Santoso, kini Widodo di urutan terdepan. Namun, belum ada komitmen apa pun hingga berita diturunkan karena masih sebatas pemaparan konsep.

“Belum ada kepastian. Saya menemui manajemen Persepam baru sebatas pemaparan saja. Soal bagaimana keputusan manajemen, saya tunggu saja hasilnya,” ucap Widodo. Dia tak menampik sangat tertarik berkarier di Madura.

Kukuh setyawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8687 seconds (0.1#10.140)