Kalahkan Diabetes dalam Empat Minggu

Minggu, 07 Desember 2014 - 09:56 WIB
Kalahkan Diabetes dalam Empat Minggu
Kalahkan Diabetes dalam Empat Minggu
A A A
SURABAYA - Diabetes kini sudah menjadi penyakit global. Pasalnya, diabetes tidak hanya menyerang masyarakat kota, tetapi juga mengancam masyarakat miskin.

Apalagi, penyakit yang mendapat julukan sebagai the silent killer ini justru mematikan. Diabetes dimulai dari badan yang gemuk dan memiliki kandungan kadar gula tinggi. Kegemukan akhirnya memicu seseorang terserang diabetes. Berangkat dari permasalahan kegemukan itulah, Dr Hans Tandra memberikan kiat-kiat khusus untuk menanggulangi masalah tersebut.

Menurut dia, ada beberapa kiat khusus untuk mencegah penyakit tersebut yang dilakukan empat minggu berturutturut. Minggu pertama menata kembali pola diet yang benar supaya gula darah terkontrol secara benar. Tujuannya agar lemak darah normal, tekanannya menurun, dan berat badan tidak berlebihan.

”Diet yang benar itu, misalnya pagi jam 7 sarapan buah, makan siang jam 1 dan menu lebih banyak sayur, boleh nasi tapi sedikit. Di luar jam tersebut kalau lapar sebaiknya potong buah-buah segar untuk dimakan. Terakhir, makan malam jangan pakai nasi dan konsumsi sayuran saja,” kata Dr Hans saat memberi contoh diet pada acara Seminar Kesehatan Populer How To Get A Healthy Life : 4 Minggu Mengalahkan Gemuk dan Diabetes, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang juga seorang diabetologist dan health motivator ini menjelaskan, minggu kedua harus banyak berolahraga karena olahraga merupakan senjata ampuh untuk mengalahkan diabetes. Manfaatnya agar tampil bugar dan jarang capai.

”Nah , kalau diet sudah bisa dijalankan, lalu minggu kedua rutin olahraga. Selanjutnya, minggu ke-3 harus mulai hidup sehat, misalnya menghentikan kebiasaan merokok, membiasakan minum air putih, tidur lebih nyenyak, jauhi stres serta minuman beralkohol dan kopi,” ungkap pria yang selama ini juga aktif menjadi anggota American Diabetes Associaton ini. Pada minggu keempat, jika sudah terkena vonis diabetes, harus mengonsumsi obat dengan benar.

Sebenarnya banyak obat penangkal diabetes yang beredar di pasaran, tetapi resep obat dari dokter juga harus tetap diminum dengan dosis yang tepat. Hans menegaskan, jika keempat kiat khusus mencegah diabetes bisa dilakukan secara rutin, setiap orang akan memetik buahnya.

Pada akhir seminar, Dr Hans bertanya mengapa diabetes harus dicegah sejak dini. Sebab, diabetes adalah penyakit seumur hidup dan jika dibiarkan akan membawa risiko kematian. Bahkan, diabetes sudah menjadi pembunuh nomor empat di dunia. Setiap 10 detik ada satu orang atau tiap satu menit ada enam orang meninggal akibat penyakit diabetes. Pada 2007 jumlah penderitanya mencapai 240 juta orang, tetapi tiga tahun kemudian yakni 2011 naik menjadi 350 juta orang.

Dari jumlah tersebut 60% penderita kebanyakan berasal dari negara Asia, seperti Tiongkok, India, Indonesia.

Mamik wijayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4766 seconds (0.1#10.140)