Tahun Ini 109 Kapal Pesiar Sandar

Senin, 01 Desember 2014 - 12:05 WIB
Tahun Ini 109 Kapal Pesiar Sandar
Tahun Ini 109 Kapal Pesiar Sandar
A A A
SURABAYA - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jatim diprediksi melebihi tahun lalu (2013). Saat ini PT Pelindo III mencatat kunjungan turis melalui kunjungan kapal pesiar sebanyak 109.

Data Pelindo III menunjukkan, kapal pesiar yang mendatangi Jatim mengalami peningkatan. Tahun 2010 sebanyak 57 unit, tahun 2011 sebanyak 76 unit, tahun 2012 sebanyak 92 unit, tahun 2013 sebanyak 113 unit, dan hingga September 2014 sebanyak 109 kunjungan kapal pesiar. ”Kunjungan ini menunjukkan bahwa Jatim memiliki daya tarik bagi turis-turis yang naik kapal pesiar,” kata Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto kemarin.

Edi mengatakan, kali ini kapal pesiar yang mendarat di Jatim melalui Pelabuhan Tanjung Perak adalah MV Seabourn Odissey. Kapal ini sengaja mendarat karena ingin menggunakan fasilitas garbarata di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara sebagai fasilitas untuk naik dan turun penumpang kapal pesiar.

Sejak diresmikan pada 2 Oktober 2014, baru pertama Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara digunakan untuk melayani penumpang kapal pesiar. Dalam kapal ini terdapat 462 wisatawan mancanegara dan 231 kru kapal pesiar. Mereka langsung melihat pameran yang bertajuk Wonderful East Java .

Tema Wonderful East Java dimanifestasikan dalam beberapa mini etalase yang menampilkan kesenian dan kebudayaan Jawa Timur. Etalase itu terdiri dari Wonderful Batik, Wonderful Topeng, Wonderful Wayang, Wonderful Kuda Lumping, Wonderful Gamelan , dan diberikan hiburan live music berupa musik keroncong, musik gamelan, dan musik country.

”Para turis dapat terlibat langsung di dalam kesenian-kesenian tersebut. Mereka dapat ikut membuat topeng, membatik, mencoba musik gamelan, bermain kuda lumping dan wayang, juga beberapa kesenian lain,” ucap Edi.

Penyambutan yang terbilang spesial itu sebagai bentuk penghormatan bagi para penumpang kapal MV Seabourn Odissey sebagai kapal pesiar pertama yang menggunakan fasilitas garbarata di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara.

”Berbagai fasilitas modern di terminal penumpang ini bukan hanya untuk para turis asing yang menggunakan kapal pesiar, tapi para penumpang kapal antar pulau (domestik) juga dapat memanfaatkannya,” tambahnya.

Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event, dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan, setiap tahun Kementerian Pariwisata melakukan promosi wisata di Indonesia kepada para operator kapal pesiar asing supaya mereka mau datang ke Indonesia.

”Kegiatan ini akan kami dokumentasikan dengan baik dan akan kami gunakan untuk materi kegiatan promosi wisata kepada operator kapal pesiar,” katanya.

Arief Ardliyanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0603 seconds (0.1#10.140)