Anggota DPRD Yogya Dilantik, Pedagang Asongan Minta Perlindungan

Selasa, 12 Agustus 2014 - 13:53 WIB
Anggota DPRD Yogya Dilantik, Pedagang Asongan Minta Perlindungan
Anggota DPRD Yogya Dilantik, Pedagang Asongan Minta Perlindungan
A A A
YOGYAKARTA - Puluhan orang yang tergabung dalam Perkumpulan Asongan Jogja Bersatu Lempuyangan mendatangi Gedung DPRD Kota Yogyakarta untuk menyuarakan aspirasinya kepada anggota Dewan yang baru saja dilantik.

Mereka datang saat anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2014-2019 diambil sumpahnya di lantai dua Gedung DPRD Yogya, Selasa (12/8/2014). Mereka membawa poster serta spanduk dengan berbagai macam aspirasi. Namun, saat ingin masuk Gedung DPRD, mereka dihalau petugas.

Sebanyak 42 pedagang asongan itu akhirnya disuruh duduk di halaman DPRD sambil menunggu acara pelantikan selesai. Koordinator Asongan Jogja Bersatu Lempuyangan Anto Yuniarto mengatakan ingin meminta perlindungan kepada anggota Dewan yang baru karena selama ini pihak pedagang asongan selalu dimintai iuran liar oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Selama ini kami berdagang di Kompleks Stasiun Lempuyangan merasa kurang nyaman. Karena itu kami datang saat pelantikan Dewan yang baru untuk meminta perlindungannya," ujarnya.

Para pedagang asongan mengaku dimintai uang iuran sebanyak Rp20.000 per hari, bahkan kadang dipaksa tidak boleh berdagang selama berminggu-minggu. Padahal, jika tidak berdagang mereka tidak mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mereka berharap anggota Dewan yang sudah dilantik dapat mendengarkan aspirasi para pedagang asongan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7503 seconds (0.1#10.140)