Perkawinan Kirno & Pebi tunggu masa birahi

Minggu, 09 Maret 2014 - 07:28 WIB
Perkawinan Kirno & Pebi tunggu masa birahi
Perkawinan Kirno & Pebi tunggu masa birahi
A A A
Sindonews.com - Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) tengah mendekatkan dua ekor orang utan, Kirno dan Pebi di pulau buatan seluas 300 meter yang ada di danau buatan TSTJ.

Dua orang utan tersebut rencananya akan dikawinkan. Sebelumnya dua orang utan itu sudah terlihat pedekate, alhasil pengelola kebun binatang berani berspekulasi bahwa masa kawin mereka semakin mendekati kenyataan.

Menurut Direktur Operasional, TSTJ, Windu Winarso, dua binatang tersebut sejak seminggu ini sudah menunjukkan kedekatannya. Windu menduga kedua orang utan tersebut sudah cocok satu sama lain, sehingga siap untuk dikawinkan.

"Dari perilaku sehari-hari responnya sudah sangat bagus. Apalagi sejak masuk kandang karantina Pebi, orang utan betina sudah atraktif mendekati Kirno, terlebih saat masuk pulau buatan, mereka semakin atraktif," katanya, Sabtu 8 Maret 2014.

Dia mengatakan, di pulau buatannya seluas 300 meter persegi, masa kawin sepasang orang utan memang sangat tergantung dengan masa birahi mereka. Hanya saja, sampai saat ini masa birahi kedua binatang tersebut belum muncul.

"Momentum kawinnya Kirno dan Pebi lebih menunggu masa birahi masing-masing. Kurang lebih, mirip manusia," jelasnya.

Terkait pemberian asupan makanan bagi keduanya agar lekas kawin, Windu menyebutkan, mereka kini rutin diberi suplai buah-buahan dengan tambahan vitamin serta susu segar. Sehari sekali pada pagi hari, mereka pasti menghabiskan separuh botol susu segar.

"Harapan kami, dengan pemberian makanan-makanan seperti ini bisa menambah stamina mereka," katanya.

Sementara itu, Dokter Hewan TSTJ, Nur Aini, mengharapkan Orangutan yang berada di dalam lingkungan Lembaga Konservasi (LK) Jurug ke depan masih bisa berkembangbiak.

Sebab, hasil perkawinan orang utan bisa memperbanyak koleksi satwa langka asal Kalimantan tersebut.

"Makanya asupan vitamin sangat penting diberikan demi menjaga perkembangbiakannya di tempat ini," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6211 seconds (0.1#10.140)