Kelud Siaga, pengungsi boleh pulang

Kamis, 20 Februari 2014 - 18:30 WIB
Kelud Siaga, pengungsi boleh pulang
Kelud Siaga, pengungsi boleh pulang
A A A
Sindonews.com - Masyarakat di lereng Gunung Merapi diizinkan kembali ke rumah masing-masing menyusul perubahan status Awas menjadi Siaga oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tetap melarang adanya aktivitas di radius lima klimoter dan bantaran sungai untuk menghindari kemungkinan ancaman lahar dingin.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, status Gunung Kelud diturunkan dari Awas (level IV) menjadi Siaga (level III) oleh PVMBG pada hari ini.

Hal tersebut didasarkan pada data aktivitas vulkanik sejak 14 Februari lalu hingga hari ini tidak ada gempa vulkanik dan tremor. Diyakini, Kelud tidak akan meletus lagi saat ini.

"Dengan diturunkan status Siaga maka masyarakat boleh pulang. Tapi masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman lahar hujan," imbau Syamsul Kamis (20/2/2013).

Selanjutnya, penanganan dan pemulangan pengungsi serta perbaikan rumah termasuk sarana dan prasarana akan dipimpin Gubernur Jawa Timur.
Pemerintah pusat akan tetap mendampingi pemda dalam penanganan bencana itu.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemda Provinsi Jatim, Pemda Kediri, Blitar, Malang, Jombang dan Kota Batu bersama TNI, Polri, unsur pusat, relawan serta masyarakat yang telah melakukan penanganan dengan kompak, memiliki solidaritas dan kesiapsiagaan tinggi. Gubernur juga telah langsung mengalokasikan dana untuk penanganan hingga rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya," kata Syamsul.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9138 seconds (0.1#10.140)
pixels