Banjir lahar, puluhan rumah di Kandangan terendam

Selasa, 18 Februari 2014 - 22:15 WIB
Banjir lahar, puluhan rumah di Kandangan terendam
Banjir lahar, puluhan rumah di Kandangan terendam
A A A
Sindonews.com - Banjir lahar Gunung Kelud yang terjadi petang ini ternyata juga merendam puluhan rumah di Kecamatan Kandangan, Kediri, Jawa Timur (Jatim).

Sungai Konto yang melintasi wilayah tersebut juga nampak sejajar dengan jembatan Kandangan. Akibatnya, jalur penghubung antara Kediri-Malang kini terputus akibat tinggi permukaan air Sungai Konto yang terus meluap.

"Alirannya tadi pagi naik, namun sempat surut. Tetapi, sore tadi kembali meluap karena hujan deras yang melanda Kediri selama dua jam," tutur Dian, salah seorang warga Kecamatan Gurah, Kediri, kepada SINDOnews, Selasa (18/2/2014).

Akibatnya, warga yang tinggal dekat dengan bantaran Sungai Konto pun kemudian dievakuasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat ke tempat yang lebih aman.

"Daerah situ memang langganan banjir, tetapi kini debit airnya berbeda. Kedalaman air yang sekira 10-12 meter sudah menyamai jembatan Kandangan," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, puluhan rumah yang terendam memang posisinya di samping jembatan dan letak bangunannya lebih rendah dibandingkan jembatan Kandangan.

Sungai Konto sendiri meluap setelah hujan deras selama dua jam melanda Kediri dan sekitarnya. Meski demikian, belum ada informasi terkait korban jiwa dalam peristiwa banjir lahar di Kandangan.

Baca:
Banjir lahar, Dusun Klangon & Sedawung gelap gulita
Tegang, banjir lahar Kelud hanyutkan jembatan & rumah warga
Banjir lahar, arus Sungai Ledok naik 1 meter
Lahar meluncur deras di Pandansari, ratusan pengungsi terjebak
Ada lahar dingin! Warga jangan lewat Kasembon-Kandangan
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5721 seconds (0.1#10.140)