Menyesatkan, BBM Bromo siap meletus hoax

Jum'at, 14 Februari 2014 - 21:08 WIB
Menyesatkan, BBM Bromo siap meletus hoax
Menyesatkan, BBM Bromo siap meletus hoax
A A A
Sindonews.com - Bakal terjadinya letusan susulan sejauh 20 kilometer yang mengakibatkan gempa bumi berkekuatan 6-8 Skala Richter (SR) merupakan informasi menyesatkan yang dibuat oleh oknum-oknum jahat untuk menakuti masyarakat.

Informasi yang disampaikan melalui pesan singkat dan layanan BBM ini juga menjual nama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hal itu dilakukan untuk menyakinkan para pembacanya.

Bagi anda yang menerima pesan tersebut jangan panik. Sebaliknya, anda jangan ikut menyebarkan informasi itu kepada saudara, keluarga, dan teman anda yang berada di lokasi bencana.

Lutfi Fitriano, prakirawan BMKG mengatakan, informasi mengenai letusan gunung berapi bukan datang dari BMKG, tetapi dari vulkanologi. Jika ada pesan berantai yang menyertakan BMKG untuk menakut-nakuti masyarakat, jelas itu tidak benar.

"Kalau BMKG sepertinya tidak mungkin, sebab bukan otoritasnya menentukan gunung merapi. Yang lebih berhak mengeluarkan warning adalah vulkanologi. Kalau BMKG tidak ada itu, jelas ini BBM hoax," ujar Lutfi, saat dihubungi Sindonews, Jumat (14/2/2014).

Dilanjutkan dia, BMKG hanya menginfokan cuaca dan gempa. Sedang untuk gunung berapi dan detailnya yang lebih berhak adalah vulkanologi. Situs resmi BMKG juga www.bmkg.go.id dan bukan www.BMKG.com seperti yang dicantumkan dalam pesan bohong itu.

Berikut isi pesan yang meresahkan itu (hoax):

Info dari BMG 1 jam lagi ada letusan sususan status AWAS II, diperkirakan letusan sejauh 20 kilometer dari pusat magma dan diperkirakan terjadi gempa 6 sampai 8 skala lighter.

Dan setelah ini lampu akan dipadamkan total untuk wilayah Kediri. Lahar dingin mengalir sampai Kademangan Blitar, hati-hati untuk daerah alirah lahar, hujan abu dan suara gelegar letusan sampe solo dan klaten. Sedangkan daerah Pare, Kediri ke utara diselimuti bau belerang yg menyengat.

Tolong sebarkan kabar ini ke sanak keluarga anda.Info : http/www.BMKG.com.

Gunung Bromo SIAGA 1, Gunung Semeru SIAGA 3, Gunung Kelud telah meletus dahsyat. Perkiraan radius 30 KM WIL. BLITAR, MALANG, KEDIRI, JEMBER, PROBOLINGGO, SITUBONDO, PASURUAN mengantisipasi bencana erupsi TERBESAR SE-JATIM.

Demi kemanusiaan, infokan pada teman2 terdekat di wilayah kota manapun berada. 11BY: PVMBG PROP. JATIMBuat yg di jawa timur dan jawa tengah..

Info Penting!!! Abu vulkanik komposisinya si 02/silika, mirip bhn industri kaca & merupakan glass hard yg sgt halus, ttp d lihat dg mikroskop tepi & ujungny runcing, jk terhirup akan merobek jaringan paru2 jk kena mata bsa merusak mata mk hati2 lindungi mata & hidung qt. Sebarkan sedikit kebaikan ini...O:)
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6775 seconds (0.1#10.140)
pixels