Tinggalkan posko, petugas PVMBG kesulitan pantau Kelud

Jum'at, 14 Februari 2014 - 16:52 WIB
Tinggalkan posko, petugas PVMBG kesulitan pantau Kelud
Tinggalkan posko, petugas PVMBG kesulitan pantau Kelud
A A A
Sindonews.com - Para pengamat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) saat ini tak lagi bisa melakukan pengamatan Gunung Kelud dari posko pemantauan.

Pasalnya, posko pemantauan terletak hanya tujuh kilometer dari kawah Gunung Kelud. Sedangkan jarak yang harus disterilkan 10 kilometer.

"Saat ini mereka keluar dulu dari posko untuk sementara," terang Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Wilayah Timur PVMBG, Kristianto, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/2/2014).

Sejak kemarin malam, para petugas PVMBG langsung mengungsi menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan. Praktis pemantauan tak bisa dilakukan karena berbagai peralatan ada di posko.

"Yang bisa dilakukan saat ini hanya pemantauan secara visual," ungkapnya.

Pejabat Pelaksana Pengamatan dan Penyidikan Gunung Api PVMBG, Gede Suantika, membenarkan semua pengamat telah meninggalkan posko. "Saya sekarang posisi ada di Kediri," katanya saat dihubungi lewat telepon selulernya.

Ia mengaku kesulitan memantau aktivitas vulkanik Gunung Kelud. Sebab semua peralatan ada di posko. Para petugas baru akan kembali ke posko jika situasi memungkinkan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0499 seconds (0.1#10.140)