Abu letusan Kelud menyebar ke Jabar

Jum'at, 14 Februari 2014 - 13:13 WIB
Abu letusan Kelud menyebar...
Abu letusan Kelud menyebar ke Jabar
A A A
Sindonews.com - Abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud, menyebar ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Tapi sebarannya terbilang tipis.

"Beberapa daerah yang terkena abu di antaranya Banjar, Pangandaran, Ciamis, dan Kuningan," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jawa Barat, Budiman, Jumat (14/2/2014).

Budiman yang saat ini sedang berada di Kuningan, mengatakan abu terlihat menempel pada mobilnya. "Abunya menempel tipis. Kasat mata juga kelihatan sebaran abunya di udara," ungkapnya.

Di Ciamis, bahkan cuaca terlihat gelap. Sedangkaan untuk daerah lain, ia belum menerima laporan soal adanya hujan abu.

Pejabat Pelaksana Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG, Gede Suantika, mengatakan berdasarkan laporan abu sudah mencapai Tasikmalaya. "Sebaran abunya sampai ke Tasikmalaya," jelasnya.

Sementara untuk daerah lain di Jawa Barat, ia juga belum menerima laporan. Sedangkan daerah di Pulau Jawa yang terkena sebaran abu di antaranya Kulonprogo, Solo, Magelang, Tulungagung. "Sebaran abunya ke arah barat karena anginnya mengarah ke sana," tuturnya.

Dari pantauan, hujan abu juga terjadi di Bandung. Di sekitar Jalan Diponegoro misalnya, hujan abu terjadi sekira pukul 12.00 WIB. Abu tipis terlihat menempel pada benda-benda berwarna hitam seperti jaket dan jok motor.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1248 seconds (0.1#10.140)