Dentuman Kelud terdengar hingga Yogyakarta

Jum'at, 14 Februari 2014 - 01:07 WIB
Dentuman Kelud terdengar hingga Yogyakarta
Dentuman Kelud terdengar hingga Yogyakarta
A A A
Sindonews.com - Letusan Gunung Kelud terdengar hingga Yogyakarta, terutama di daerah Kabupaten Gunung Kidul. Hal itu dikarenakan dentuman letusan yang merembet melalui gelombang udara sebagai gelombang akustik.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG), Subandriyo mengatakan, suara yang terdengar oleh masyarakat Yogyakarta merupakan dentuman letusan Gunung Kelud. "Kita juga pantau getaran yang terjadi," kata dia, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Dikatakannya, getaran Kelud juga terekam dari seismogram Stasiun Deles, Klaten. Sebab, menurutnya, letusannya karena sumbernya sangat dalam. "Sumbernya (letusan) sangat dalam, seperti Merapi kemarin (2010)," paparnya.

Letusan Kelud yang terjadi pukul 22.50 WIB tersebut menurutnya baru awal, dan belum mencapai puncaknya. "Pasti dong (akan bisa lebih besar). Ini belum mencapai puncaknya," tuturnya.

Mengenai kondisi Merapi, saat ini tidak ada aktivitas yang berubah secara siginifikan. Sebab, Gunung Api yang ada di Yogyakarta ini tidak ada hubungannya dengan yang gunung lainnya. "Merapi masih aman, tidak ada gejolak," ucapnya.

Yulianto, petugas dari Pos Pengamatan Gunung Merapi, Kaliurang Sleman mengatakan, kondisi Merapi masih tetap terpantau aman. Kegempaan juga masih landai dan belum terlalu ada perubahan. "Merapi, aman, tentram, damai," paparnya.

Untuk melihat foto peristiwa letusan Gunung Kelud, silakan klik link ini.

Gemuruh Gunung Kelud terdengar sampai Sragen
BNPB umumkan Gunung Kelud meletus
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7234 seconds (0.1#10.140)