Material vulkanik letusan Gunung Kelud

Jum'at, 14 Februari 2014 - 00:57 WIB
Material vulkanik letusan Gunung Kelud
Material vulkanik letusan Gunung Kelud
A A A
Sindonews.com - Semburan material vulkanis dari Gunung Kelud mulai menghujani pemukiman warga sekitar 15 kiometer dari lereng bagian selatan.

Hujan pasir dan batu sebesar jempol mulai terlihat di Desa Telung Rejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Pembaca Sindonews Dini Andriani (22) berhasil mengirimkan sejumlah bukti material batu-batuan akibat letusan Gunung Kelud tersebut, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara resmi mengumumkan Gunung Kelud telah meletus sejak pukul 22.50 WIB, Kamis 13 Februari 2014, malam.

Dengan letusan ini, BNPB mengimbau ribuan warga di sekitar Gunung Kelud untuk mengungsi secara tertib dan tidak panik. Imbauan ini diungkap Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan elektroniknya kepada Sindonews.

Warga di sisi barat telah mengungsi di Kecamatan Wates, Kecamatan Ponggok, Kecamatan Sanan Kulon, Kecamatan Gurah, Kecamatan Pare, dan lainnya. "Masyarakat diimbau mengungsi di luar radius 10 kilometer," tulisnya. Warga yang berada di luar radius diimbau untuk tetap berada di dalam ruangan.

Gemuruh Gunung Kelud terdengar sampai Sragen
BNPB umumkan Gunung Kelud meletus
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7767 seconds (0.1#10.140)