Gunung Kelud Siaga, 16 pengamat diterjunkan

Rabu, 12 Februari 2014 - 18:06 WIB
Gunung Kelud Siaga, 16 pengamat diterjunkan
Gunung Kelud Siaga, 16 pengamat diterjunkan
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali mengirimkan personel tambahan ke Gunung Kelud. Mereka bertugas memantau perkembangan aktivitas vulkanik di lokasi.

"Kita kirim orang tambahan ke sana hari ini, sekira lima sampai enam orang," kata Kepala PVMBG Hendrasto, di Kantor PVMBG Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/2/2014).

Tambahan personel untuk pengamatan itu bertujuan agar pemantauan bisa dilakukan lebih maksimal. Pengamat akan bergiliran memantau secara giliran agar kondisi fisik mereka bisa lebih terjaga.

Dengan adanya personel tambahan, total kini ada sekira 16 pengamat yang ada di lokasi. Jumlah itu termasuk pengamat tambahan yang diberangkatkan pekan lalu dan pengamat organik di posko pemantauan.

Hendrasto mengatakan, status Gunung Kelud saat ini masih Siaga (level III). Aktivitas vulkanik di lokasi masih sangat tinggi. "Kegempaan di lokasi meningkat terus," ungkapnya.

Suhu air kawah di lokasi juga makin tinggi. Per hari ini, suhu air kawah ada dikisaran 56,5-57 derajat celcius. "Pada waktu normal, suhu air di sana 52 derajat celcius," jelasnya.

Meski aktivitas vulkanik terus meningkat, radius steril di lokasi masih ditetapkan 5 kilometer dari pusat kawah. Jarak itu dinilai aman bagi penduduk jika sewaktu-waktu terjadi erupsi.

"Tapi sampai sekarang belum ada yang diungsikan karena dalam jarak 5 kilometer itu tidak ada (pemukiman) masyarakat," ujar Hendrasto.

Baca:
Ini prediksi Mbah Ronggo juru kunci Gunung Kelud
Kuncen Gunung Kelud minta warga tak ditakut-takuti
Jusuf Kalla pantau lokasi terdampak Gunung Kelud
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8364 seconds (0.1#10.140)