PVMBG kirim alat tambahan ke Gunung Kelud

Selasa, 04 Februari 2014 - 13:56 WIB
PVMBG kirim alat tambahan ke Gunung Kelud
PVMBG kirim alat tambahan ke Gunung Kelud
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengirim alat tambahan untuk memantau perkembangan Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Blitar dan Kediri, Jawa Tengah.

Hari ini berbagai peralatan itu dibawa dari Kantor PVMBG di Kota Bandung menggunakan kendaraan operasional BNPB.

Kepala Bidang Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika, mengatakan Gunung Kelud yang sejak 2 Februari berstatus Waspada terus dipantau intensif.

"Kita kirim lagi satu tim dan menambah beberapa peralatan untuk pemantauan," kata Gede, Selasa (4/2/2014) siang.

Pertimbangan pengiriman tim dan peralatan ke Gunung Kelud karena dikhawatirkan meletus. Apalagi tipe letusannya diperkirakan eksplosif.
"Populasi (penduduk) di sekitar Gunung Kelud juga cukup banyak," ungkapnya.

Dengan pemantauan intensif, PVMBG nantinya akan mengetahui perkembangan terbaru aktivitas vulkanik Gunung Kelud. Nantinya PVMG akan mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan aktivitas vulkanik di lokasi agar meminimalisir korban jiwa.

Gede mengatakan, peralatan yang dikirim adalah satu stasiun deformasi, tiga stasiun tilt meter untuk mengukur kemiringan gunung, serta tiga unit geodetik GPS untuk mengukur koordinat.

Sebelumnya, di lokasi juga ada sejumlah peralatan yang permanen yaitu lima stasiun seismograf digital, satu stasiun deformasi, dan satu stasiun pengukur suhu.

"Jadi total nanti setelah semua alat terpasang, titik ukur di sana ada 16 titik," jelas Gede.

Untuk tim pemantau, saat ini sudah ada tiga pengamat yang standby di lokasi. Mereka merupakan pengamat yang bertugas permanen di pos pemantau Gunung Kelud. "Sekarang kami tambah empat scientist dari Bandung untuk memperkuat pengamatan," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7700 seconds (0.1#10.140)