PVMBG: Gunung Kelud berkarakter pelan

Senin, 03 Februari 2014 - 16:48 WIB
PVMBG: Gunung Kelud berkarakter pelan
PVMBG: Gunung Kelud berkarakter pelan
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menyatakan karakter Gunung Kelud adalah pelan dan memiliki indikator yang jelas. Sehingga aktivitas dapat diprediksi.

"Karena gunung berkarakter pelan dengan indikator yang jelas sehingga bisa diprediksi. Status meningkat dari Normal ke Waspada," kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikkan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Bandung Hendra Gunawan di Kantor BPBD Jawa Timur, Senin (3/2/2014).

Dia juga menjelaskan, alasan PVMBG merekomendasikan status gunung yang berada di perbatasan Blitar dan Kediri ke status Waspada adalah untuk melakukan pra bencana. Sebab, aktivitas gunung tersebut cenderung meningkat sejak beberapa hari terakhir ini. Dia mencontohkan, kondisi suhu mata air di lokasi tersebut terakhir terpantau pada suhu 55 derajat.

Kata Hendra, dengan peningkatan status tersebut, mampu menciptakan zero victim dan zero accident ketika terjadi bencana. Selain Gunung Kelud, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga merekomendasikan empat gunung lainnya di Jatim pada level Waspada. Gunung tersebut adalah Gunung Raung, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Ijen.

Di tempat yang sama, Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto meminta kepada masyarakat untuk tidak resah atas peningkatan status Gunung Kelud pada level Waspada. Bahkan masyarakat diminta untuk tidak mempercayai isu-isu yang tidak benar. "Masyarakat agar tenang. Informasi yang benar adalah dari PVMBG," tambahnya.

Selain itu, rekomendasi dari PVMBG yang menyatakan, dilarang mendekat dalam radius 2 kilometer dari bibir kawah untuk dipatuhi. Karena PVMBG yang memiliki kewenangan untuk menentukkan status gunung dan sedianya digunakan sebagai acuan untuk penanganan bencana

Baca:
Gunung Kelud pernah memaksa 135.000 warga mengungsi
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3286 seconds (0.1#10.140)