200 Pengungsi Wamena Diberangkatkan ke Sumbar Difasilitasi ACT

Minggu, 06 Oktober 2019 - 13:47 WIB
200 Pengungsi Wamena Diberangkatkan ke Sumbar Difasilitasi ACT
200 Pengungsi Wamena Diberangkatkan ke Sumbar Difasilitasi ACT
A A A
JAYAPURA - Sebanyak 101 pengungsi Wamena kembali diberangkatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ke Sumbar menggunakan pesawat komersial, setelah sebelumnya pada 3 Oktober 2019 lalu telah dilakukan tahap pertama.

Komandan Posko Nasional ACT untuk Tragedi Kemanusiaan Wamena, Wahyu Novyan mengatakan, ini adalah kali kedua ACT memfasilitasi pemulangan pengungsi ke Sumatera Barat (Sumbar).

“ACT memfasilitasi pemulangan pengungsi dengan pesawat terbang komersil. Total sudah lebih dari 200 lebih pengungsi yang kami akomodasi ke Sumatera Barat. Kami juga akan berikhtiar memfasilitasi pemulangan pengungsi ke Jawa Timur dan Sulawesi Selatan,” terang Wahyu.
200 Pengungsi Wamena Diberangkatkan ke Sumbar Difasilitasi ACT

Pengungsi yang diberangkatkan hari ini mengungsi di Posko Ormas Adat Minahasa dan Posko Masjid Al Aqsa, Sentani. Tim medis ACT pun hadir mendampingi mereka. “Rata-rata anak-anak mengalami demam dan satu orang tadi mengalami mimisan sudah kita tangani. Sebagian besar mereka mengalami kelelahan,” terang Koordinator Tim Medis ACT, dr Rizal Alimin.

Langkah ACT memfasilitasi kepulangan pengungsi merupakan ikhtiar memenuhi kebutuhan pengungsi akan tempat berlindung yang lebih nyaman. Wahyu mengatakan, sejauh ini tingginya permintaan pengungsi masih terkait kepulangan ke daerah asal.

“Di sini kami melihat, kepulangan ke daerah asal menjadi kebutuhan para pengungsi. Hal itulah yang kami fasilitasi,” tambah Wahyu.

Ikhtiar ACT juga akan terus berlangsung di Sentani, Jayapura. Tim medis masih disiagakan untuk memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi. Dapur umum ACT juga akan diaktifkan untuk menyuplai sarapan para pengungsi di Rindam Sentani.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8385 seconds (0.1#10.140)