Tanggul Sungai Petung Jebol, Banjir Meluas ke Kota Pasuruan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 15:32 WIB
Tanggul Sungai Petung Jebol, Banjir Meluas ke Kota Pasuruan
Tanggul Sungai Petung Jebol, Banjir Meluas ke Kota Pasuruan
A A A
PASURUAN - Banjir yang menerjang 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, terus meluas ke Kota Pasuruan, Sabtu (19/1/2019). Banjir di Pasuruan semakin meluas karena tanggul sungai Petung, satu-satunya jalan penghubung warga, jebol.

Banjir pun merendam puluhan hektare sawah milik warga di Kota Pasuruan. Jebolnya tanggul juga mengakibatkan puluhan warga yang tinggal di seberang jalan penghubung, terisolir. Tanggul sungai Petung jebol diduga tak kuat kuat menahan derasnya air sungai yang meluap akibat diguyur hujan lebat.

Tanggul sungai Petung yang berada di Kelurahan Kepel, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, memiliki panjang lima meter dan lebar empat meter. Tanggul ini sekaligus digunakan warga menjadi jalan penghubung antar desa ke desa lain. (Baca juga: Banjir Terjang 3 Kecamatan di Pasuruan, Jalan Malang-Surabaya Terendam )

Dinding tanggul terbuat dari batu campur semen berserakan diterjang banjir. Warga di sekitar lokasi kejadian hanya bisa pasrah. “Tanggul jebol karena tidak kuat menahan derasnya air dan sebelumnya di bawah tanggul ada lobang yang sengaja dibuat warga untuk membuang air dari sawah,” kata salah satu warga, Kasiman.

Jebolnya tanggul sungai Petung mengakibatkan dua puluh kepala keluarga di Kelurahan Kepel yang tinggal di seberang jalan jadi terisolir. Untuk beraktivitas mereka harus memutar jalan yang cukup jauh. Sementara 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang terendam banjir,belum tampak tanda-tanda airnya surut. Bahkan awan tebal masih terus menyelimuti di wilayah tersebut.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5472 seconds (0.1#10.140)