Banjir Bandang Jember Tewaskan 2 Orang 1 Hilang, 1.668 Warga Terdampak

Senin, 10 Januari 2022 - 13:43 WIB
loading...
Banjir Bandang Jember Tewaskan 2 Orang 1 Hilang, 1.668 Warga Terdampak
Banjir bandang yang menerjang jember menewaskan dua orang dan satu hilang. Sementara 1.668 warga terdampak banjir.Foto/dok
A A A
JEMBER - Banjir yang melanda Jember, Jawa Timur, menyebabkan dua orang tewas yaitu Sirat (50), laki-laki dan Jamaluddin (54), laki-laki. Keduanya warga Kecamatan Panti. Kemudian satu korban lainnya, Suliha (47), perempuan, yang juga warga Kecamatan Panti belum ditemukan.

Sebelumnya, ketiga korban terseret arus Sungai Permisen di Desa Kemiri, Kecamatan Panti. Dari tiga korban itu, dua ditemukan meninggal dunia dan satu korban masih dalam pencarian.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Perumahan di Jember, 2 Mobil Warga Terseret Arus

"Pada Minggu (9/1/2022) sekitar 15.00 WIB, terjadi hujan lebat. Akibatnya, beberapa rumah warga tergenang dengan ketinggian sekitar 1 meter," kata Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, Senin (10/1/2022).

Data BPBD Jatim mencatat, 440 unit rumah terendam banjir dan 1.668 warga terdampak. Banjir bandang ini juga menyebabkan mushala, tempat usaha, dan jalan perumahan tergenang. "Saat ini sekitar 40 personil (BPBD dan Relawan) tersebar di berbagai lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan rumah dan fasum yang terdampak. Kondisi genangan pada saat ini surut total," ujar Budi.

Detik detik datangnya banjir di Jember terekam video amatir. Dengan penuh kepanikan warga juga terlihat mengamankan diri di atas genting untuk menghindari derasnya arus banjir. Air sungai kawasan Bumi Mangli Permai Jember yang terlihat besar dan menggenangi rumah warga setempat, dan terlihat salah satu korban banjir mengabadikan lewat ponsel ketika rumahnya terendam banjir.



Bahkan air banjir juga melimpas hingga ke Jembatan Semangir dan jembatan di area Kecamatan Rambipuji, Jember. Warga pun berlarian dan saling mengingatkan untuk pergi ke tempat yang lebih aman, bahkan beberapa mobil yang terjebak banjir di area Jalan Gajah Mada dan seputaran Perumahan Bumi Mangli Permai memaksa masuk ke genangan air banjir yang cukup deras.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)