Kebakaran Lahan dan Hutan di Rohil Capai 82 Hektare

Minggu, 13 Januari 2019 - 09:26 WIB
Kebakaran Lahan dan Hutan di Rohil Capai 82 Hektare
Kebakaran Lahan dan Hutan di Rohil Capai 82 Hektare
A A A
ROKAN HILIR - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau meluas. Hingga hari ini tercatat sudah 82 hektare di daerah pesisir Riau itu ludes.

Kebakaran terbaru berada di dua wilayah yakni Kepenghuluan Lenggadai Hilir Kecamatan Rimba Melintang dan Kepenghuluan Sei Sialang Kecamatan Batu Hampar. Namun kebakaran terparah berada di Rimba Melintang.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jim Gapur mengatakan untuk daerah Rimba Melintang luas areal yang terbakar mencapai 40 hektare.

"Tim BPBD, TNI, Polri dan Manggala Agni terus berupaya memadamkan kebakaran di Rimba Melintang," kata Jim, Sabtu malam 13 Januari 2019.

Untuk kebakaran di Batu Hampar saat ini sudah tertangani. Luas areal yang terbakar sekitar 2 hektare. Kebakaran di dua wilayah ini terjadi sudah dua hari.

Sebelumnya, kebakaran parah terjadi di Mamugo Kecamatan Tanah Putih. Luas areal yang terbakar mencapai 40 hektare. Mayoritas lahan yang terbakar di Riau merupakan gambut. Lahan gambut yang kering akan sulit dipadamkan jika terbakar.

Selain di Rohil, kebakaran hutan dan lahan di awal 2019 ini juga sebelum terjadi di beberapa wilayah. Daerah itu adalah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Dumai dan Kota Pekanbaru. "Secara keseluruhan, luas areal yang terbakar di Riau mencapai 108 hektare," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8177 seconds (0.1#10.140)