23 Hektare Lahan di Negeri Seribu Suluik Terbakar, Tim Gabungan Kerahkan Heli Pemadaman

Selasa, 20 Juni 2023 - 16:59 WIB
loading...
23 Hektare Lahan di Negeri Seribu Suluik Terbakar, Tim Gabungan Kerahkan Heli Pemadaman
Bencana karhutla kembali terjadi di Desa Pauh, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Asap putih membubung tinggi dari lahan gambut yang terbakar menuju ke atas. Foto SINDOnews
A A A
ROKAN HULU - Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Desa Pauh, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Asap putih membubung tinggi dari lahan gambut yang terbakar menuju ke atas.

Upaya pemadaman lahan masih terus dilakukan petugas gabungan TNI Polri, BPBD di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk serta satu unit helikopter water bombing dan masyarakat.


Danramil 10/Kunto Darusalam Kodim 0313/KPR Kapten Inf Roni Paslah mengatakan sekitar dua puluh tiga hektar lahan gambut terbakar dan membuat sekitar hutan diselimuti kabut asap yang tebal.

"Kebakaran lahan hutan gambut di perkirakan sekitar dua puluh tiga hektar," ungkap Danramil 10/Kunto Darusalam Kodim 0313/KPR Kapten Inf Roni Paslah, Selasa (20/6/2023).

Lahan gambut yang terbakar membuat kualitas udara memburuk. "Hingga sampai saat ini, kami masih di lokasi karhutla melakukan pemadaman," kata Kapten Inf Roni Faslah.

Dia mengimbau kepada semua pihak agar dapat bekerja sama dalam mencegah terjadinya karhutla. "Kawasan yang terbakar merupakan hutan gambut semak belukar. Jadi, api menjalar di bawah permukaan tanah," bebernya.

Kapten Inf Roni Faslah menambahkan, mencapai lokasi kebakaran petugas harus menempuh perjalanan lebih kurang sejauh 90 kilometer. "Dari kantor Koramil 10/Kunto Darussalam ke lokasi karhutla jauh, sekitar 90 kilometer," tutupnya.

Dalam beberapa hari ini sudah sering terjadi kebakaran di Rohul. Salah satunya adalah kaswasan hutan lindung Bukit Suligi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)